Sepekan Libur Lebaran, Disparpora Maros Raih PAD Bersih Hampir Rp1 Miliar

  • Bagikan

Suasana KWA Bantimurung pada hari terakhir Libur lebaran, Minggu 8 Mei 2022. (Foto: Teguh)

MAROS, PAREPOS.FAJAR.CO.ID - Hanya dalam waktu sepekan saja, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Maros melalui Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) berhasil meraup Pendapatan Asli Daerah (PAD) bersih sektor Pariwisata sebesar Rp876.542.500.

PAD bersih itu terhitung sejak masa libur lebaran tanggal 1-8 April 2022 di tiga objek wisata, di antaranya Kawasan Wisata Alam (KWA) Bantimurung, Water Park Bantimurung, dan Taman Arkeologi Leang-Leang dengan jumlah total pengunjung sebanyak 43.429 jiwa.

Rincian pengunjung masing-masing dalam sepekan, di antaranya KWA Bantimurung sebanyak 37.679 jiwa dengan tarif retribusi Rp30.000, Water Park Bantimurung sebanyak 4.148 jiwa dengan tarif retribusi Rp15.000 dan Taman Arkeologi Leang-leang sebanyak 1.602 jiwa dengan tarif retribusi Rp15.000

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga, Kabupaten Maros, M Ferdiansyah merincikan pendapatan bersih tersebut setelah dipotong Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP) dengan pihak Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung (TN-BABUL), Kementerian Lingkungan Hidup RI dan Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. Serta pembayaran untuk asuransi kecelakaan.

"Jumlah total bersih itu setelah dibagi PNBP, dimana untuk ke BPCB sebesar Rp2.000 di objek Taman Arkeologi Leang-leang dan TN BABUL sebesar Rp7.500 di Objek KWA Bantimutung per tiket. Juga ada asuransi kecelakaan sebesar Rp1.000," rincinya, Minggu, 8 Mei 2022.

Raihan PAD itu tidak luput dari kerja ekstra pihak Disparpora untuk memaksimalkan peningkatan pelayanan pengunjung di tiga objek wisata tersebut. Penambahan personel diturunkan untuk membantu petugas yang melakukan penjagaan serta melakukan pengawasan langsung pendapatan.

"Kita turunkan satu bidang untuk mengontrol pengunjung selama libur lebaran ini, kita bagi tugas, kita tidak mau pelayanan ke pengunjung turun," jelas Ferdiansyah.

Ia juga berterima kasih atas bantuan personel dari sejumlah pentahelix atau stakeholder terkait, baik dalam segi keamanan dan kenyamanan pengunjung, khsusunya di KWA Bantimurung.

"Kita berterima kasih kepada pihak TNI Polri yang senantiasa membackup kami dari segi keamanan, ditambah dari pihak Basarnas juga ada, pihak Kementrian PUPR yang telah menempatkan Toilet Mobilenya selama masa libur ini," ungkap Ferdi. (guh)

  • Bagikan