Soppeng Delapan Kali Raih WTP, Kaswadi Harap Pengelolaan Keuangan Semakin Baik

  • Bagikan

Kepala Perwakilan BPK Provinsi Sulawesi Selatan Paula Henry Simatupang menyerahkan LPH BPK atas LKPD TA 2021 kepada Bupati Soppeng H Andi Kaswadi Razak.

MAKASSAR, PAREPOS.FAJAR.CO.ID -- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Soppeng kembali meraih Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun Anggaran 2021. WTP ini merupakan ke-8 kali secara berturut-turut diraih Pemkab Soppeng.

Hal tersebut terungkap pada penyerahan LPH BPK atas LKPD TA 2021, di Auditorium Lantai 2 Gedung BPK Perwakilan Provinsi Sulawesi Selatan, Selasa, 17 Mei 2022.

Acara diawali penandatanganan berita acara serah terima dan penyerahan LHP atas LKPD TA 2021 oleh Kepala Perwakilan BPK Provinsi Sulawesi Selatan, Paula Henry Simatupang kepada Bupati dan Ketua DPRD yang hadir. Di antaranya Bupati Soppeng H Andi Kaswadi Razak, Ketua DPRD Soppeng H Syahruddin M Adam, Bupati Luwu, Luwu Timur, Luwu Utara, Bone, dan Bupati Sinjai.

Kepala Perwakilan BPK Provinsi Sulawesi Selatan, Paula Henry Simatupang dalam kesempatan itu, mengucapkan terima kasih kepada Bupati dan Ketua DPRD menghadiri undangan untuk menerima LH atas LKPD tahun 2021 yang merupakan salah satu amanah konstitusi yang harus dilakukan. BPK selambat-lambatnya tiga bulan telah menerima laporan keuangan dari pemerintah daerah setelah tahun anggaran berakhir.

Oleh karena itu, kata dia, salah satu tugas konstitusi yang penting ini dibuat dalam rangka transparansi dan akuntabilitas keuangan daerah, sehingga apa yang dilakukan hari ini bukanlah akhir dari segalanya, bahwa penyusunan laporan keuangan adalah salah satu bentuk laporan pertanggungjawaban kepala daerah dalam mengemban amanah.

Menurut Paula Henry, pemeriksaan BPK atas laporan keuangan ini, mengacu pada beberapa hal, di antaranya kesesuaian laporan keuangan dengan standar akuntansi pemerintah dan kepatuhan pelaksanaan kegiatan sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

"Melalui acara ini, kami mencoba membangun suatu kesadaran bahwa laporan keuangan ini akan terbawa seterusnya jika dikelola dengan baik atau tidak baik," kata Paula Henry Simatupang.
Sementara Bupati Soppeng, H Andi Kaswadi Razak usai menerima penghargaan Opini WTP menyampaikan, penghargaan yang diterima dipersembahkan untuk masyarakat Kabupaten Soppeng.

Dia berharap, agar ke depannya pengelolaan keuangan dapat semakin lebih baik dengan dukungan semua pihak, khususnya kepada seluruh aparat Pemkab Soppeng atas kerja ikhlasnya sehingga WTP 8 kali berturut-turut dapat diraih. (wis)

  • Bagikan