Temui Kapolres Parepare, Puspa Bahas Kejahatan Seksual

  • Bagikan

Puspa Kota Parepare saat melakukan audiens dengan Kapolres Kota Parepare, AKBP Andiko Wicaksono.

PAREPARE, PAREPOS. FAJAR.CO.ID-- Forum Partisipasi Publik Untuk Kesejahteraan Perempuan dan Anak (PUSPA) Kota Parepare melakukan audiens dengan Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Kota Parepare, AKBP Andiko Wicaksono, pada hari Jumat 27 Mei, di ruang kantor Kapolres Parepare.

Pada kegiatan tersebut, nampak hadir Ketua Puspa Kota Parepare, Asniar Khumas, sekretaris Puspa yang juga Kepala Bidang Kesetaraan Gender DP3A Parepare, Sriyanti Ambar, membahas terkait kejahatan seksual khususnya bagi anak yang di bawa umur, dan kesejahateran perempuan dan anak.

Ketua Puspa Kota Parepare, Asniar Khumas mengatakan, audiens ini dalam rangka silahturahim dan memperkenalkan diri sebagai komunitas, di Kota Parepare untuk membantu program-progam yang akan dijalankan, terutama untuk pengamanan dalam rangka kesejahteraan perempuan dan anak.

"Kita membahas terkait kasus-kasus yang maraknya terjadi di Kota Parepare, seperti kekerasan dalam rumah tangga, dan kejahatan seksual, " katanya.

Dia juga mengatakan, dalam audiens ini ada salah satu saran yang menarik Kapolres Parepare, yaitu tidak perlu turun dalam bentuk konvoi tetapi harus mengundang pihak hotel atau penginapan untuk melakukan edukasi sesuai kepentingan upaya pencegahan permasalahan yang ditemui. Polers Parepare siap memfasilitasi dalam hal pengamanan

"Alhamdulillah, rencana audiens hari ini telah terlaksana dengan baik. Hasil audiens akan dikomunikasikan kepada semua tim PUSPA dan kita tindak lanjuti bersama dengan perencanaan yang matang, "katanya.

Sementara itu, Sekretaris Puspa Kota Parepare, Sriyanti Ambar menambahkan, Satgas Puspa kata Sriyanti, dibentuk salah satunya untuk melakukan observasi dan edukasi pada lokasi-lokasi yang diduga menjadi tempat terjadinya kejahatan seksual di Kota Parepare.

"Kami sudah melakukan audiensi ke Pemerintah Kota Parepare, Dinas Pendidikan dan Polres Parepare, " ungkapnya.

Sriyanti Ambar, berharap, adanya Satgas ini dapat berkontribusi terhadap program pemerintah kota yang tidak lain bagaiamana meningkatkan kesejahteraan perempuan dan anak.

"Kami harapkan juga di Puspa akan ada locus yang menjadi pilot untuk pemberdayaan perempuan yang masuk dalam kelompok rentan yang nantinya akan di berikan skill tambahan sehingga mampu meningkatkan ekonominya secara mandiri, "ujar Sriyanti Ambar.

Kapolres Parepare, AKBP Andiko Wicaksono menyambut, baik dengan kehadiran Puspa Kota Parepare dalam hal membahas kesejahteraan perempuan dan anak. Puspa sangat berperan aktif dalam mencegah terjadinya kasus-kasus kekerasan terhadap perempuan.

"Selama saya bertugas di Kota Parepare saya telah banyak mendengar terkait anak yang dibawa umur yang menyewa penginapan. Saya juga sempat berpikir apakah orang tua mereka tidak peduli atau bagaimana, siapa yang bisa meyakinkan orang tua mereka dan sinilah peran Puspa," singkatnya. (has)

  • Bagikan