Terkuat di Pilpres 2024, Elektabilitas Ganjar Pranowo Kian Meroket

  • Bagikan

JAKARTA, PAREPOS.FAJAR.CO.ID-- Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo menjadi salah satu kandidat terkuat memenangkan Pilpres 2024 dengan tingkat elektabilitas yang terus meroket. Hal itu sesuai hasil survei terbaru dari Indometer, dimana Ganjar Pranowo meraih elektabilitas 22,1 persen.

Jumlah tersebut kalah tipis dari Prabowo Subianto dengan elektabilitas 22,5 persen. Selanjutnya pada urutan ketiga terdapat nama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dengan meraup elektabilitas 12,8 persen. Dan tercata dalam 6 bulan terakhir, elektabilitas Ganjar Pranowo terus menanjak sebagai calon presiden. "Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto masih bersaing ketat di bursa capres,” ujar Direktur Eksekutif Indometer Leonard S.B. melalui keterangan tertulisnya, Senin 16 Mei 2022.

Indometer juga menampilkan elektabilitas nama-nama lainnya, yakni Ridwan Kamil 8,6 persen dan Sandiaga Uno 5,3 persen.
Jika melihat trend sejak Juli 2020, elektabilitas Ganjar Pranowo cenderung naik, bahkan menembus 20 persen pada bulan September 2021.Sejak pandemi COVID-19 Ganjar tampil sebagai penantang potensial. “Ganjar harus mulai mencari dukungan partai-partai lain untuk mengonversi elektabilitas menjadi tiket pilpres,” ujarnya.

Lebih lengkap, Indometer juga menampilkan elektabilitas nama-nama lain yang masih beredar dalam bursa calon presiden, yakni Agus Harimurti Yudhoyono 4,5 persen, Erick Thohir 4,0 persen, Khofifah Indar Parawansa 3,1 persen, dan Tri Rismaharini 2,3 persen.
Berikutnya, calon kuat PDI Perjuangan Puan Maharani hanya 1,7 persen, disusul Andika Perkasa 1,2 persen, Airlangga Hartarto 1,1 persen, dan Mahfud MD 1,0 persen.

Survei Indometer dilakukan pada tanggal 20 hingga 27 April 2022 terhadap 1.200 responden di seluruh provinsi dan dipilih secara acak bertingkat survei (multistage random sampling). Wawancara dilakukan secara tatap muka dengan menerapkan protokol kesehatan COVID-19. Untuk margin of error survei sekitar 2,98 persen dengan kepercayaan 95 persen.(*)

  • Bagikan