Wabup Majene Apresiasi Tugas TPK Nusantara Bergerak

  • Bagikan

Wakil Bupati Majene Arismunandar hadir dan memberikan arahan dalam apel siaga TPK Nusantara Bergerak Majene di Ruang Rapat Wakil Bupati Majene. (Foto:Ardedy)

MAJENE, PAREPOS.FAJAR.CO.ID — Tim Pendamping Keluarga (TPK) Nusantara Bergerak Kabupaten Majene selama ini dinilai telah melaksanakan tugas dan kinerja dengan baik.

Atas upaya itu,  langsung mendapat apresiasi dari Wakil Bupati Majene Arismunandar pada kegiatan Apel Siaga TPK Nusantara Bergerak Kabupaten Majene yang digelar via Zomm meeting, kemarin. 

“Utamanya TPK Bergerak Kecamatan Pamboang yang dianggap memiliki kinerja yang baik. Sehingga diharapkan mampu menjadi motivator bagi TPK Bergerak yang lain di semua kecamatan yang ada di Majene,” harap Arismunandar.

Capaian ini,  lanjut Wabup Arismunandar, tidak hanya mengucap apresiasi, namun juga merasa bangga dan berbahagia.  Karena termasuk untuk program prevalensi stunting di Kabupaten Majene, juga setiap tahunnya menunjukan grafik penurunan.

Meski penurunan stunting belum signifikan, sambungnya, namun juga perlu diapresiasi untuk terus berupaya yang lebih keras lagi. 

“Kita berharap agar penurunan grafik stunting bisa maksimal, seluruh pihak terus berkolaborasi, khususnya intervensi yang ada di desa lokus stunting,” pintanya. 

Dituturkan pula,  TPK Bergerak memiliki tugas untuk memberikan edukasi, sosialisasi dan screening pencegahan stunting pada tiga kelompok sasaran. Yaitu calon pengantin, ibu hamil, dan keluarga yang memiliki anak di bawah usia dua tahun. 

“Ketiga kelompok sasaran ini, paling berisiko tinggi mengalami kasus stunting,” tuturnya.

Selain itu, TPK Nusantara Bergerak juga bertugas mendata dan melakukan pendampingan pada calon pengantin, ibu hamil, dan keluarga risiko tinggi stunting. 

TPK Bergerak akan memfasilitasi kepada kelompok sasaran terkait pelayanan rujukan dan pemberian bantuan sosial sebagai upaya peningkatan kesehatan dan kesejahteraan keluarga.

Hadir dalam kegiatan apel siaga, Ketua Satgas TPK Bergerak Provinsi Sulbar, Staf Ahli Bupati Majene, Kepala Dinas PP dan KB, Kadistanakbun, Camat Pamboang, Tim Pendamping PKK, Ikatan Bidan Kabupaten Majene serta TPK Bergerak Kabupaten Majene. (edy)

  • Bagikan