Beasiswa SDM Sawit 2022, Dirjen Perkebunan Siapkan 1000 Penerima

  • Bagikan

JAKARTA, PAREPOS.FAJAR.CO.ID-- Direktorat Jenderal Perkebunan Kementerian Pertanian (Kementan) membuka Seleksi Nasional Beasiswa Pendidikan Tinggi Vokasi dan Akademik Perkebunan Kelapa Sawit Tahun 2022 (Beasiswa SDM Sawit 2022). Beasiswa ini dibuka dengan dukungan pendanaan dari Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS). Pendaftaran beasiswa itu telah dibuka sejak 15 Juni 2022, lalu.

Program ini dapat mencetak generasi muda perkebunan sawit yang konsisten berperan dalam meningkatkan industri perkelapasawitan di Indonesia. Selain itu, keluarga pekebun dan SDM lainnya yang terkait bisa memanfaatkan dana beasiswa ini. Hal itu diungkapkan Direktur Perlindungan Perkebunan Kementan, Baginda Siagian. Program ini tentunya diharapkan agar ke depan, mereka turut membangun perkelapasawitan di daerah/lokasi masing-masing.

Guna memudahkan pendaftaran dan seleksi nasional, Direktorat Jenderal Perkebunan (Ditjenbun) akan menggunakan sistem seleksi dan penerimaan beasiswa dari Education Technology SEVIMA. Sistem tersebut sekaligus mempermudah panitia beasiswa dalam seleksi nasional, pendaftaran, validasi berkas, hingga penyaluran penerima beasiswa ke perguruan tinggi agar menjadi lebih efektif dan efisien.

Ia menyampaikan, beasiswa ini juga dibuka khusus hanya untuk pekebun kelapa sawit, keluarga pekebun kelapa sawit, sumber daya manusia (SDM) lainnya yang bergerak di bidang perkelapasawitan, dan ASN yang bertugas di bidang kelapa sawit. Program Beasiswa Sawit Tahun 2022 diberikan setingkat Diploma I, Diploma II, Diploma III atau Diploma IV dengan kompetensi kelapa sawit. 

Ada sejumlah kompetensi dan jurusan yang dapat dipilih mahasiswa. 
Di antaranya, pemulihan/pembenihan/pembibitan kelapa sawit, budidaya/pemeliharaan tanaman kelapa sawit, teknologi produksi tanaman perkebunan kelapa sawit. Baginda menambahkan, untuk informasi, Program Beasiswa Sawit Tahun 2022 bekerja sama dengan beberapa perguruan tinggi sebagai kampus tujuan berkuliah. Di antaranya, Akademi Komunitas Perkebunan Yogyakarta, Politeknik LPP Yogyakarta, Politeknik Kelapa Sawit Citra Widya Edukasi, Politeknik Kampar, STIPER Agrobisnis Perkebunan, Institut Teknologi Sains Bandung, dan Institut Pertanian Stiper Yogyakarta.

Tahun 2022 ini, Ditjen Perkebunan mengusulkan beasiswa sebanyak 1.000 penerima. Angka tersebut meningkat dari tahun lalu yakni 660 orang. Semua peraih beasiswa akan memperoleh beberapa fasilitas beasiswa SDM Sawit 2022.
Yakni transport pulang pergi kampung halaman menuju kampus, biaya pendidikan penuh, kesempatan magang di perkebunan besar dan sertifikat kompetensi. 

Selain itu, peraih beasiswa juga akan mendapatkan uang tunai untuk biaya asrama/kos, uang saku, dan uang buku.
Besaran uang tunai itu akan disesuaikan dengan Standar Biaya yang telah ditetapkan. Baginda mengimbau bagi yang berminat, silakan kunjungi laman beasiswasdmsawit.id. “Informasi lebih lanjut dengan mengunjungi Website beasiswasdmsawit.id,” ungkap Baginda, beberapa waktu lalu. Pendaftaran akan ditutup pada 19 Juli 2022.(*)

  • Bagikan