Bupati Majene Ikut Tradisi Menunggang Kuda di Perkemahan Tingkat SD Sendana

  • Bagikan

Bupati Majene Andi Achmad Syukri ikut menunggang kuda pada acara khataman Alqur'an di Lapangan Bura Sendana, Somba.

MAJENE, PAREPOS.FAJAR.CO.ID -- Sedikitnya 25 Sekolah Dasar Negeri (SDN) di wilayah Kecamatan Sendana, Kabupaten Majene menyelenggarakan kegiatan perkemahan di Lapangan Bura Sendana Somba.

Ketua Panitia Pelaksana Subri Kano menjelaskan, penyelenggaraan perkemahan tingkat SD terdapat beberapa kegiatan yang dilaksanakan, di antaranya penamatan siswa kelas 6, khataman Alqur'an, arak-arakan Sayyang Pattu'du (kuda menari) serta beberapa kegiatan lainnya.

"Penyelenggaraan perkemahan ini, merupakan program tahunan bagi pihak sekolah tingkat SD sederajat, selain menamatkan siswa setelah mendapat kelulusan juga menjadi ajang silaturahmi antar pihak sekolah dan orang tua siswa," jelas Subri Kano, kemarin.

Sementara, Bupati Majene Andi Achmad Syukri, berkesempatan menunggang kuda yang turut meramaikan kegiatan arak-arakan khataman Alqur'an. Kegiatan ini merupakan salah satu tradisi kebudayaan dan religius yang masih dilaksanakan hingga kini.

Bupati Majene mengapresiasi para panitia pelaksana dengan terselenggaranya kegiatan khataman yang telah membuktikan, kepedulian besar terhadap pendidikan agama dan baca tulis Alqur'an di Bumi Assamalewuang ini.

"Bagi anak-anak yang telah mengkhatamkan Alqur'an yang telah diarak, saya pesankan untuk terus rajin membaca Alqur'an dan berusaha memahami makna dan ajaran yang terkandung di dalamnya, rajinlah beribadah karena ibadah itu sumbernya dari Alqur'an," pesannya.

Ia juga mengingatkan para orang tua, untuk terus membina anak-anak dalam membaca Alqur'an, agar anak lebih bermasyarakat.

"Pemerintah Daerah Majene akan terus mendorong kegiatan berkaitan dengan pembinaan keagamaan, sehingga bisa mewujudkan salah satu visi misi Pemerintah yaitu Majene Religius," paparnya.

Sedangkan pihak SDN 2 Kampung Baru Majene juga melakukan penamatan bagi peserta didik kelas VI tahun pelajaran 2021/2022 yang berlangsung di gedung Tammajarra LPMP Sulbar Rangas Majene. Menurut Kepala SDN 2 Kampung Baru Hj Nurmadiah dari 110 peserta didik kelas VI yang terbagi dalam empat kelas dinyatakan semuanya lolos seratus persen. (edy)

  • Bagikan