Ciptakan Rasa Aman dan Nyaman, Samapta Polres Majene Gelar Patroli Dialogis Bersepeda

  • Bagikan

Personel Samapta Polres Majene saat melaksanakan patroli dialogis bersepeda di wilayah perkotaan Majene. (Foto: Ardedy)

MAJENE, PAREPOS.FAJAR.CO.ID -- Polres Majene terus melaksanakan patroli untuk menciptakan rasa aman dan nyaman terhadap masyarakat. Ini juga merupakan salah satu tugas pokok kepolisian. Kegiatan Patroli Dialogis Bersepeda kali ini, dilaksanakan Satuan Samapta Polres Majene, kemarin.

Kasat Samapta Iptu Hammadiah menuturkan, Patroli Sepeda memang kurang efektif jika dalam kondisi emergency atau memerlukan penanganan yang cepat. Namun, patroli bersepeda memudahkan petugas agar lebih detail mengawasi dan mengontrol setiap lingkungan masyarakat yang dilalui dalam rute patroli.

“Sehingga patroli bersepeda ini sangat efektif, karena mampu menjangkau setiap sudut jalanan, fleksibel masuk gang, dan lebih familier dengan masyarakat," kata Iptu Hammadiah.

Kegiatan rutin patroli sepeda, lanjutnya, digelar dengan sasaran tempat keramaian, sekolah, perkantoran dan pemukiman penduduk.

"Pada setiap istirahat petugas dapat dengan mudah menyampaikan pesan-pesan Kamtibmas pada masyarakat," ujarnya.

Ia melanjutkan, patroli sepeda bertujuan meningkatkan kehadiran Polisi berseragam di tengah-tengah masyarakat, juga sebagai pencegahan timbulnya gangguan Kamtibmas maupun aksi kriminalitas lainnya.

"Bahkan berkeliling naik sepeda juga salah satu bentuk olahraga agar badan lebih bugar dan sehat dan dapat dengan leluasa langsung menyapa warga. Sehingga kedekatan Polri dengan masyarakat semakin terjaga," ujarnya. (edy)

  • Bagikan