Desa Lalattedong Majene Wakili Sulbar Lomba Kampung KB

  • Bagikan

Kades Lalattedong Ridwan Maruseng bersama DPPKB Majene saat menyambut tim penilai lomba Kampung KB dari BKKBN Pusat.

MAJENE, PAREPOS.FAJAR.CO.ID -- Pemerintah Desa (Pemdes) Lalattedong, Kecamatan Sendana, Kabupaten Majene mendapat apresiasi dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Majene.

Apresiasi ini, karena Desa Lalattedong berhak mewakili Provinsi Sulbar ke tingkat nasional setelah keluar sebagai terbaik pertama pada lomba Kampung Keluarga Berkualitas (KB). Itu berdasarkan hasil verifikasi melalui laporan online pada website kampungkb.bkkbn.go.id.

"Tim penilai dari BKKBN Pusat dan Perwakilan BKKBN Sulbar menetapkan pemenang Kampung KB terbaik kepada Kampung KB Mario Siola Ola, Desa Lalattedong dengan nilai tertinggi 3,58 dari semua Kampung KB se-Sulbar," terang dr Wahida Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Majene, kemarin.

Untuk pemenang terbaik kedua, lanjut Wahida, diraih Kampung KB Kalukku Barat, Kabupaten Mamuju dan terbaik ketiga diraih Kampung KB Birbon Manding, Kabupaten Polman. Hasil pengumuman resmi ini diumumkan setelah melalui tahap penilaian langsung dari tim penilai.

Wahida menyampaikan, lomba Kampung KB terdapat beberapa indikator penilaian dalam verifikasi, yaitu indikator penilaian pada input, proses, dan output.

"Input itu, lebih kepada administrasi, seperti SK dari mana dana yang digunakan dan sebagainya, sementara indikator proses, seperti setiap kegiatan berjalan atau tidak, ada dokumentasinya atau tidak, siapa saja yang terlibat dan output, ada atau tidak kelanjutan dari setiap program yang dibuat," ulasnya.

Dijelaskan, kampung KB menjadi ikon program kependudukan, keluarga berencana dan pembangunan keluarga yang memiliki keterpaduan program berbagai stakeholder terkait, dengan harapan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Kampung KB dapat juga dijadikan wadah dalam menggalakkan program revolusi mental berbasis keluarga untuk membangun karakter Bangsa Indonesia yang secara optimal mampu melaksanakan fungsi-fungsi keluarga," ujarnya.

Karena itu, dr Wahida berharap, agar semua kampung KB di Majene dapat berkembang sesuai identitas setiap kampung KB. "Saya ucapkan terima kasih kepada Kepala Desa Lalattedong Ridwan Maruseng yang telah berjuang bersama warganya mempersiapkan penilaian, juga Pemerintah Kecamatan Sendana, Pemkab Majene dalam hal Bupati, Wakil Bupati dan Sekda Majene yang selalu memberikan arahan dan petunjuk, serta Ketua TP-PKK Majene, TP-PKK Sendana dan TP-PKK Desa Lalattedong," ucapnya.

Terpisah, Kepala Desa Lalattedong Ridwan Maruseng juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Dinas PP-KB Majene atas pembinaannya. Juga ucapan terima kasih kepada Pemkab Majene yang selalu memberikan support dan dukungan, yang paling utama adalah terima kasih kepada seluruh warga Desa Lalattedong yang sangat membantu dalam mempersiapkan semuanya.

"Kami sebagai Pemdes Lalattedong berharap ke depan akan lebih ditingkatkan lagi prestasi yang telah diraih saat ini dan tetap ada sinergitas dengan instansi terkait lainnya," ucapnya. (edy)

  • Bagikan