Keren, Sebulan SMP Frater Parepare Raih 54 Medali Olimpiade di Kompetisi Sains  

  • Bagikan

Ketua Yayasan Taman Tunas, Frater Saverianus Raing, HHK,.SE bersama Kasek SMP Frater diapit siswa dan koordinator pengawas dari Diknas Kota Parepare

PAREPARE, PAREPOS.FAJAR.CO.ID-- Sebanyak 21 siswa SMP Frater Parepare mengukir prestasi dalam beberapa cabang pertandingan di Olimpiade dan Kompetisi Sains Nasional. Capaian dalam sebulan oleh puluhan siswa dari sekolah yang dikelola oleh Yayasan Taman Tunas, diraih baik di tingkat provinsi maupun nasional.

Ajang kompetisi  sains ini ini digagas oleh beberapa pelaksana, di antaranya Jenius Competition, OSAINS Indonesia, Garuda Sains Indonesia, BIMA Science Competition, Dalton Olympiad dan World Mathematics Invititional (WMI) yang bertaraf Internasional. Dari sekian  kompetisi olimpiade yang diikuti, sebanyak 54 buah medali baik emas, perak dan perunggu, berhasil didulang oleh siswa-siswi SMP Frater Parepare.

Ajang kompetisi sains nasional yang terbagi dalam empat bidang studi, yakni Bahasa Inggris, Matematika, Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), ini diikuti secara virtual oleh ratusan pelajar tingkat SMP/MTS se-Indonesia. "Proses tidak mengkhianati hasil. Mungkin itulah gambaran yang bisa mewakili kesuksesan para siswa-siswi SMP Frater dalam beberapa cabang ajang kompetisi sains nasional ini. Keberhasilan ini tidak lepas dari bimbingan bapak dan ibu guru di sekolah serta orang tua,"katanya.

" Bangga dan senang sekali jika bisa membuat anak-anak juara, berprestasi dan bersaing dalam hal-hal positif secara sehat. Jangan pernah merasa minder, tetapi tetaplah berusaha mengukir prestasi. Hal ini sejalan dengan apa yang brand sekolah ini, yaitu “Unggul dalam iman, akhlak dan prestasi”, tambah Kepala SMP Frater Parepare, Fr. Rui Da Costa Camoes, HHK., S.Kom ketika ditemui di ruang kerjanya, Rabu 15 Juni 2022.
 
Lebih lanjut, Kepala SMP Frater kelahiran 1985, ini mengaku sebagai bentuk penghargaan dan apresiasi kepada sejumlah siswa-siswi berprestasi tersebut, maka pihak sekolah pun mengggelar acara yang bertajuk Awarding Ceremony (upacara penganugerahan penghargaan dan apresiasi) pada tanggal 15 Juni 2022, laku di halaman SMP Frater Parepare .

Hadir dalam kesempatan Awarding Ceremony  tersebut, Koordinator Pengawas, Sudirman Sudding. S.Pd,. M.Pd sekaligus mewakili Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Parepare, beserta Ketua Yayasan Taman Tunas, Frater Saverianus Raing, HHK,.SE.

Siswa Diganjar Beasiswa

Dalam sambutannya, Koordinator Pengawas yang mewakili Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Parepare, Sudirman Sudding mengaku sangat bangga dan memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada sejumlah pelajar SMP Frater yang berhasil menjuarai bidang-bidang olimpiade tersebut.

Selain itu, tak lupa beliau mengucapkan selamat dan berterima kasih kepada para guru serta para orang tua yang telah membimbing dan mendidik para siswa dengan baik sehingga bisa meraih sejumlah prestasi. “Saya bangga dan senang dengan prestasi yang bisa anak-anakku dari SMP Frater ukir ini, dan kepada para pemenang lomba dalam olimpiade ini, saya ucapkan selamat. Teruslah belajar demi mempersiapkan masa depan Anda yang lebih baik,’’ ujarnya.
 
Senada juga diungkapkan oleh Ketua Yayasan Taman Tunas, Frater Saverianus Raing, HHK jika sebagai Ketua Yayasan, dirinya sangat bangga dan memberikan apresiasi atas pencapaian terbaik dari sejumlah siswa-siswi SMP Frater Parepare ini. " Teruslah berkarya, berinovasi dan berkreasi agar prestasi-prestasi berikutnya dapat diraih pula,"imbuhnya.

Frater Saverianus Raing, HHK mengaku, sebagai bentuk apreasiasi nyata kepada sejumlah pemenang lomba olimpiade, baik tingkat provinsi maupun nasional, maka pihak Yayasan memberikan beasiswa kepada masing-masing siswa berprestasi tersebut.
 
Adapun nama-nama siswa-siswi peraih juara untuk beberapa bidang olimpiade, sebagai berikut: 

  1. Natasya Sutarno dari bidang studi IPS meraih medali emas tingkat Nasional dalam Kompetisi Sains Nasional, medali emas tingkat nasional dalam National Science Olympiad 2.0, medali perak tingkat nasional dalam Olimpiade Sains Siswa National (OSSN), medali perak tingkat provinsi dalam Olimpiade Sains Siswa nasional (OSSN), medali perungggu tingkat provinsi dalam National Science Olympiad 2.0, medali perunggu dalam Indonesia Science Olympiad dan medali perunggu dalam BIMA Science Competition, medali perunggu tingkat nasional dalam  BIMA Science Competition.
  2. Helena Florencia dari bidang studi Bahasa Inggris meraih medali emas tingkat nasional dalam Olimpiade Sains Siswa Nasional (OSSN), medali perak tingkat provinsi dalam Olimpiade Sains Siswa Nasional (OSSN), dan perunggu tingkat provinsi dalam BIMA Competition. Selain itu, dalam bidang studi IPS Helena juga memperoleh medali Perunggu tingkat nasional dalam Indonesia Science Olympiad dan medali emas tingkat provinsi dalam Indonesia Science Olympiad. Sementara itu, dari bidang studi IPA, dia pun meraih medali perunggu tingkat provinsi dalam Olimpiade Sains Siswa Nasional (OSSN).
  3. Audrey Besthania Fo dari bidang studi IPS meraih medali perak tingkat nasional dalam Olimpiade Sains Siswa Nasional (OSSN), sejumlah medali perunggu pada tingkat dalam Indonesia Science Olympiad, Olimpiade Sains Siswa Nasional (OSSN) dan BIMA Competition, medali emas tingkat nasional dalam BIMA Science Competition.
  4. Deviana Gosal Go dari bidang studi bahasa inggris berhasil meraih medali emas tingkat nasional dalam Kompetisi Sains Nasional (KSN), Juara 2 Tingkat Nasional dalam Kompetisi Sains Nasional (KSN), medali perak tingkat provinsi bidang studi IPS dalam Olimpiade Sains Siswa Nasional (OSSN), medali perunggu tingkat provinsi dalam Indonesia Science Olympiad. Selain itu, siswa yang akrab disapa Devi ini meraih medali perunggu tingkat provinsi dalam Olimpiade Sains Siswa Nasional (OSSN)
  5. Abdi Negara Deo Gratias dari bidang studi IPS berhasil menyabet medali perunggu tingkat nasional dalam Kompetisi Sains Nasional (KSN), medali perak tingkat provinsi dalam Indonesia Science Olympiad, medali perunggu tingkat provinsi dalam Olimpiade Sains Siswa Nasional (OSSN).
  6. Frisco Alfares Ewo dari bidang studi bahasa inggris dan IPS, keduanya memperoleh medali perunggu tingkat provinsi dalam Indonesia Science Olympiad dan Olimpiade Sains Siswa Nasional (OSSN). 
  7. Steven Christopher dari bidang studi bahasa inggris meraih medali emas tingkat nasional dalam Olimpiade Sains Siswa Nasional (OSSN), medali perak tingkat provinsi dalam Olimpiade Sains Siswa Nasional (OSSN).
  8. Kimberly Theo dari bidang studi bahasa inggris meraih medali emas tingkat nasional dalam Kompetisi Sains Nasional (KSN), medali emas tingkat nasional dalam Olimpiade Sains Siswa Nasional (OSSN), medali perak tingkat provinsi dalam Olimpiade Sains Siswa Nasional (OSSN). Selain dalam bidang studi bahasa inggris, Kimberly juga meraih medali emas tingkat nasional dalam Kompetisi Sains Nasional (KSN), medali emas tingkat nasional dalam Bima Science Competition
  9. Sheryl Viviani Gosal Go dari bidang studi IPS meraih medali perunggu tingkat provinsi dalam Indonesia Science Olympiad, dari bidang studi IPA meraih medali perunggu tingkat provinsi dalam Bima Science Competition, medali perunggu tingkat nasional dalam Bima  Science Competition
  10. Kevin Tjiang Cienceng dari bidang studi IPS meraih medali perak dalam Indonesia Science Olympiad.
  11. Felicia Mutiara Siman dari bidang studi IPS meraih medali perunggu tingkat provinsi dalam Indonesia Science Olympiad.
  12. Livny Azasia dari bidang studi IPS meraih medali perunggu tingkat provinsi dalam Indonesia Science Olympiad.
  13. Jesslyn Jevon Sudjianto dari bidang studi IPA meraih medali perunggu tingkat provinsi dalam Bima Science Competition 2.0. Dalam bidang studi IPS, Jesslyn meraih medali perunggu tingkat nasional dalam Kompetisi Sains Nasional (KSN).
  14. Winstone Son Of Sandri dari bidang studi IPS meraih medali perunggu tingkat provinsi dalam Olimpiade Sains Siswa Nasional (OSSN).
  15. Benzen Gosal dari bidang studi bahasa inggris meraih medali perak tingkat nasional dalam Kompetisi Sains Nasional (KSN).
  16. Gaura Mohan dari bidang studi IPS meraih medali perak tingkat nasional dalam Kompetisi Sains Nasional (KSN).
  17. Hilarry Theo dari bidang studi bahasa inggris meraih medali perak tingkat nasional dalam  Kompetisi Sains Nasional (KSN).
  18. Hansel Loardy dari bidang studi bahasa inggris meraih medali perak tingkat nasional dalam Olimpiade Sains Siswa Nasional (OSSN). Selain itu, Hansel juga meraih medali perak tingkat nasional bidang studi Matematika dalam Olimpiade Sains Siswa Nasional (OSSN).
  19. Owen Aristo Siauw dari bidang studi Matematika meraih medali perunggu dalam World Mathematics Invititional (WMI)
  20. Rio Randa Makkalo dari bidang studi Matematika meraih medali perunggu dalam World Mathematics Invititional (WMI)
  21.  Vania Inggridiantika dari studi Matematika meraih medali perunggu dalam World Mathematics Invititional (WMI)
     
    Dari sejumlah siswa yang meraih medali ini, siswa atas nama Natasya Sutarno yang berhasil mengumpulkan medali terbanyak yaitu 8 medali, yakni 2 medali emas, 2 medali perak dan 4 medali perunggu. "Akhirnya, "selamat untuk para siswa-siswi berprestasi dan semoga ke depannya bisa lebih berprestasi lagi,"tutup
    Kepala SMP Frater Parepare, Fr. Rui Da Costa Camoes, HHK., S.Kom.(*)


 

  • Bagikan