KSOP Parepare Perkenalkan Kapal Negara Trisula P.111

  • Bagikan

PAREPARE, PAREPOS.FAJAR.CO.ID -- Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas III Parepare menggelar Aksi Tanggap bersama Kapal Negara (KN) Trisula P.111, terkait sosialisasi keselamatan dan keamanan pelayaran dalam rangka zero accident, di KN Trisula P.111 di Pelabuhan Cappa Ujung Kota Parepare, Selasa, 7 Juni 2022.

Kepala KSOP Parepare, Triono menjelaskan, kegiatan dilaksanakan dalam rangka aksi tanggap keselamatan, dan keamanan pelayaran, yang sesuai amanah Undang-undang Nomor 17 Tahun 2008 tentang Pelayaran.

"Ini juga untuk mempererat silaturahmi antar instansi dan kunjungan KN Trisula P.111 Direktoral Jenderal Perhubungan Laut di pelabuhan Parepare," jelasnya.

Lanjut Triono, KN Trisula P.111 merupakan kapal kelas 1 yang dimiliki KPLP. Kapal ini baru saja melaksanakan tugas negara di Makassar melalui pertemuan bersama tiga negara.

Selain itu, menurut Triono, kapal ini melaksanakan fungsi pantai, dan laut bersama semua stakeholder, juga penegakan hukum dan menjamin keamanan dan keselamatan di laut.

"Fokus kita adalah keselamatan pelayaran karena kapal nelayan yang tidak boleh mengangkut penumpang, seperti kejadian di Kabupaten Pangkep baru-baru. Kami tidak ingin hal itu terjadi di Parepare, sehingga kita edukasi masyarakat supaya hal itu tidak terulang lagi," ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, dilakukan pemasangan life jaket kepada perwakilan masyarakat nelayan. Selanjutnya, digelar Focus Group Discussion (FGD) Keselamatan dan Keamanan Menuju Zero Accident. (nan)

  • Bagikan