MTQ Sulbar Dibuka, Kakanwil Kemenag Harap Wujudkan Moderasi Keberagaman

  • Bagikan

Kakanwil Kemenag Sulbar Muh Muflih BF, Bupati Majene Andi Achmad Syukri, Sekda Provinsi Sulbar Muhammad Idris foto bersama setelah membuka MTQ tingkat Provinsi Sulbar IX di Stadion Prasamya Majene.

MAJENE, PAREPOS.FAJAR.CO.ID -- Pelaksanaan Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) diharapkan dapat menjadi perekat mewujudkan moderasi keberagaman umat, sekaligus bertujuan membina kebersamaan di antara sesama umat beragama.

"MTQ ini dimaksudkan sebagai ajang seleksi dalam memilih para juara untuk semua bidang musabaqoh lomba guna mewakili duta Sulbar di ajang MTQ nasional yang akan digelar pada Oktober 2022 di Kota Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan," tutur Dr HM Muflih BF Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Sulbar pada pembukaan MTQ IX di Stadion Prasamya Mandar Majene, Sabtu malam, 18 Juni 2022.

Diungkapkan, MTQ tingkat Sulbar IX 2022 yang dipusatkan di Kabupaten Majene sebagai Kota Pendidikan, diharapkan dapat menjadi perekat mewujudkan moderasi keberagaman umat sekaligus bertujuan membina kebersamaan di antara sesama umat beragama.

"Pelaksanaan MTQ ini, sebagai upaya pembinaan keagamaan yang dapat membawa dampak dan pengaruh secara signifikan terhadap peningkatan kualitas pengamalan dan pemahaman ajaran agama Islam," ungkapnya.

Ia meminta, pelaksanaan MTQ di semua level tingkatan harus mendapatkan perhatian dan dukungan semua pihak di era pemerintahan sekarang ini, yakni gerakan moderasi keberagaman dan kebersamaan umat dalam memantapkan nilai islam Rahmatan lil Al-Amin di wilayah Provinsi Sulbar.

"Jadi kita berharap kepada kafilah MTQ Sulbar dapat berkiprah dan mendapatkan predikat terbaik pada MTQ nasional nantinya. Saya selaku Kakanwil Kemenag Sulbar menyampaikan penghargaan dan terima kasih kepada pemerintah, para pengurus MTQ Sulbar, para dewan hakim, panitera, panitia, dan Kabupaten Majene selaku tuan rumah serta segenap masyarakat Majene demi suksesnya pelaksanaan MTQ Sulbar," ucapnya.

Sebelum membuka MTQ tingkat Provinsi Sulbar IX, Sekretaris Daerah Provinsi Sulbar Dr Muhammad Idris mengutarakan, MTQ tidak hanya melakukan seleksi para kafilah, tetapi juga lebih meningkatkan pemahaman dan pendalaman terhadap Alqur'an.

"Yang terpenting adalah bagaimana membangun nilai-nilai qurani dalam bermasyarakat dan bernegara," ujarnya.

Selain itu, melalui MTQ dapat memaknai secara relevan bagaimana membuat generasi yang cerdas dan berakhlak serta mewujudkan nilai qurani.

"Saya menyampaikan terima kasih kepada penyelenggara MTQ IX ini, atas komitmen Pemerintah Provinsi Sulbar bersama Pemerintah Kabupaten Majene juga para ulama, para pimpinan ponpes dalam hal penganggarannya, sehingga kegiatan MTQ dapat berjalan dengan lancar dan sukses," ucapnya.

Kesempatan sama, Bupati Majene Andi Achmad Syukri menyampaikan, penyelenggaraan MTQ merupakan wujud keinginan kuat untuk membumikan ajaran Alqur'an serta menegakkan syiar Islam, untuk memperkokoh nilai-nilai agama dalam sendi-sendi kehidupan masyarakat dan berbangsa.

"Bagi kaum muslim, Alqur’an merupakan sumber petunjuk dan pedoman hidup yang aktual sepanjang masa, berisi nilai-nilai luhur universal yang sejalan dengan fitrah manusia yang hanif dan mengajak semua dalam ketaqwaan dan kebaikan," paparnya.

Dijelaskan, melalui MTQ IX akan tampil qari-qariah dan hafiz-hafizah terbaik dari seluruh Kabupaten se-Sulbar sebagai generasi muda yang berkompetisi secara sehat berlomba meraih prestasi, berkontribusi dalam membangun kualitas sumber daya umat yang unggul, yang kompetitif, dan yang berkarakter Islami.

"MTQ ini tidak hanya wahana untuk berlatih dan berlomba membaca Alqur’an, tapi jalan untuk mengedukasi umat agar semakin mencintai dan membumikan Alqur'an dan meningkatkan kesadaran beragama yang lebih humanis dan terbuka," ulasnya.

Bupati Majene juga menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh kafilah dan para undangan jika terdapat kekurangan Majene sebagai tuan rumah penyelenggaraan MTQ tingkat Provinsi Sulbar IX.

"Selamat dan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Sulbar atas penyelenggaraan MTQ tingkat Provinsi Sulbar IX 2022 yang dipusatkan di Majene," ucapnya. (edy)

  • Bagikan