Pasca gempa, Pj Gubernur Sulbar Imbau Warga Tetap Waspada

  • Bagikan

Akmal Malik

POLMAN,PAREPOS.FAJAR.CO.ID -- Pasca gempa bumi berkekuatan 5,8 Magnitude yang mengguncang wilayah Mamuju dan sekitarnya, Pelaksana jabatan (Pj) Gubernur Sulbar Akmal Malik mengimbau kepada Seluruh warga Mamuju dan Majene untuk tenang dan tetap waspada.

"Untuk seluruh warga Sulawesi Barat khusus nya Mamuju dan Majene pasca Gempa agar tetap tenang dan waspada saja karena tidak ada teknologi di dunia ini yang bisa mendeteksi kapan gempa itu terjadi, karena gempa itu tidak melukai siapapun namun yang melukai itu adalah bangunan nya untuk itu tetap waspada dan cari tempat aman segera jauhi bangunan yang dapat melukai ketika terjadi gempa." ujar Pj, Gubernur Sulbar Akmal Malik yang ditemui awak media di Majene, Rabu, 8 Juni 2022

Ia juga mengatakan Pasca gempa yang berpusat di Mamuju beberapa bangunan yang rusak belum dapat teridentifikasi namun laporan dari Sekda Provinsi Sulbar ada beberapa bangunan yang rusak serta beberapa warga luka terkena bangunan yaitu calon siswa (casis).

"Diharapkan Kepada seluruh Kepala daerah di Sulbar agar bersatu mengahadapi musibah ini dan tetap jalin komunikasi yang baik sesama terlebih kepada Forkopimda agar komunikasi intens dilakukan," harapnya.

Sementara itu Daryono dari BMKG mengingatkan bahwa Gempa Mamuju 2021 didahului dengan gempa pembuka 5,9 Mw pada Tanggal 14 Januari 2021; Pukul 14:35:49 (WITA) selanjutnya disusul gempa utama 6,2 Mw 15 Januari 2021, pukul 02.28 WITA. Inilah tipe gempa saat itu dengan sumber gempa Mamuju Thrust.

"Untuk gempa yang terjadi di lepas pantai Mamuju siang ini terus terang saya belum memahami tipenya. Maka masyarakat diimbau tetap tenang dan waspada." ujar Daryono (win)

  • Bagikan