PPDB SDN 5 Dibuka, Calon Peserta Daftar Online

  • Bagikan

Kepala SD Negeri 5 Parepare, H Masrum

PAREPARE, PAREPOS.FAJAR.CO.ID -- Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) bagi sekolah dasar sudah mulai dibuka. Setiap sekolah khususnya di Kota Parepare mulai berbenah menyambut tahun ajaran baru 2022/2023.

Kepala SD Negeri 5 Parepare Masrum mengungkapkan rencana pendaftaran PPDB bagi SDN 5 akan dibuka pekan depan. "Rencana pengumuman pendaftaran dimulai Senin pekan depan, namun dibuka melalui online menggunakan link dari
Dinas Pendidikan," kata Masrum, Selasa, 7 Juni.

SDN 5 kata Masrum akan menerima 3 rombongan belajar (Rombel) dengan kapasitas 28 per rombel. Sehingga total keseluruhan jumlah peserta didik yang akan diterima sebanyak 84 peserta. "Seperti tahun lalu sekolah kami menerima 84 peserta yang dibagi dalam 3 rombel," paparnya.

Pendaftaran via online kata dia akan dibuka melalui Dinas Pendidikan. Calon peserta akan diarahkan untuk membuka link tersebut yang telah ditentukan. Hasil dari pendaftaran itu selanjutnya akan diserahkan ke masing-masing sekolah untuk verifikasi persyaratan.

Masrum tidak menampik setiap tahun jumlah pendaftar di sekolahnya melebihi dari kuota yang akan diterima. Mengingat SDN 5 adalah sekolah favorit yang paling diminati para calon peserta.

Sehingga setiap calon peserta didik akan diseleksi berdasarkan umur. "Seleksi menggunakan ketentuan umur,
paling prioritas umur 7 tahun yang didahulukan," ujarnya.

Ia mengaku SDN 5 menjadi favorit peserta didik karena sekolah dilengkapi dengan fasilitas belajar mengajar yang representatif. Setiap ruang kelas dilengkapi dengan LCD, dimana para guru mengajar menggunakan laptop. SDN 5 juga didukung dengan guru TIK yang mengenalkan ilmu tentang
teknologi seperti HP atau komputer dan pembinaan mata pelajaran khusus kepada para siswa.

"Ruang kelas juga ber-AC dengan karpet lantai yang membuat nyaman para siswa, dan inilah kelebihan di SDN 5 dibandingkan dengan sekolah lain," tutur dia.

Apalagi didukung dengan pelajaran tambahan dan kegiatan ekstrakurikuler seperti menghafal surah-surah pendek, shalat dhuha setiap hari jumat, lomba adzan. Tidak hanya itu, peserta didik di SDN 5 Parepare juga dilatih berkompetisi mengikuti setiap kegiatan lomba, baik yang digelar internal sekolah maupun luar sekolah untuk melatih bakat para siswa.

"Kami disini disiplin dan konsisten, setiap hari apel pagi dan apel pulang serta mengontrol para peserta didik." Katanya.

Masrum menambahkan, hubungan yang baik antara orang tua siswa dan para guru yang kompak membuat SDN 5 dapat menjadi sekolah terdepan dalam menerapkan sistem pendidikan modern yang didukung dengan sarana dan prasarana yang memadai. Setiap keluhan dari para orang tua akan ditampung dan dimusyawarahkan bersama untuk mendapatkan solusi terbaik.

"Saya kira kuncinya adalah membangun komunikasi yang positif dengan para orang tua siswa. Apa yang menjadi keinginan sekolah harus sejalan dengan keinginan orang tua siswa demi suksenya pendidikan anak-anak kita," tandasnya.

Jadwal ulangan semester bagi siswa SD akan dimulai Senin depan selama 1 pekan. Diikuti dengan libur semester selama dua pekan dan tahun ajaran baru dimulai pada Juli mendatang.(wal)

  • Bagikan

Exit mobile version