Ratusan Sapi asal Kupang Melintas di Parepare

  • Bagikan

PAREPARE, PARE POS.CO.ID -- Sebanyak 115 ekor sapi tiba di Pelabuhan Cappa Ujung Kota Parepare pada Selasa malam, 21 Juni 2022.

Sapi milik PT Berdikari United Livestock (Buls) tersebut didatangkan dari Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) diangkut menggunakan Kapal Layar Motor (KLMO Alfan Kadar dengan daerah tujuan Kabupaten Sidrap.

Sebelum tiba di Parepare, sapi-sapi ini telah menjalani karantina 14 hari dan dinyatakan sehat berdasarkan sertifikat kesehatan hewan.

"SKP Parepare melakukan pemeriksaan terhadap 115 ekor sapi yang didatangkan dari Kupang untuk dibawa ke Kabupaten Sidrap. Sapi ini akan dilakukan penggemukan," kata Kasub Operasional SKP Klas I Kota Parepare, drh Rian Hadi Suharto di Pelabuhan Cappa Ujung.

Dia menyebutkan, seperti diketahui di masa Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) sekarang, sapi-sapi ini sebelum diberangkatkan dari Kupang, telah menjalani masa karantina selama 14 hari di sana.

"Kemudian juga telah dilengkapi sertifikat kesehatan. Sehingga kami di sini mengkonsep ulang apakah ada tanda jenis penyakit," jelasnya.

Dia menambahkan, pihaknya juga melakukan desinfeksi terhadap alat angkut, truk, dan juga sapi tersebut. "Sejauh ini semua dinyatakan sehat dan layak untuk dibebaskan langsung ke daerah tujuannya ke Sidrap," pungkasnya. (nan)

Editor: PAREPARE
  • Bagikan