Antisipasi Kerawanan di Liga Indonesia Baru, Ini Imbauan Kapolda Sulsel

  • Bagikan

PAREPARE, PAREPOS.FAJAR.CO.ID-- Dalam upaya mengantisipasi terjadinya sesuatu yang tidak diinginkan di Liga Indonesia Baru. Kepolisian Daerah Sulawesi Selatan akan melakukan langkah berupa pemantauan pada akses jalan, dimana menuju Stadion Gelora BJ Habibie (GBH) sangat sempit. Namun, kedepan setelah koordinasi dengan Wali Kota Parepare, akses jalan baru akan dibuat.

Hal itu ditegaskan, Kapolda Sulsel Irjen Pol Drs Nana Sudjana MM usai memantau kondisi Stadion GBH, Kota Parepare, Rabu 27 Juli 2022. " Kami bersama Pemerintah Kota, TNI dan Polri akan terus mengevaluasi, terlebih ini adalah laga tandang pertama, dan perbaikan juga barus sekarang utamanya sarana dan prasarana penunjang pada Stadion GBH,"ujar Kapolda Sulsel.

Lebih jauh, Nana Sudjana menuturkan, antisipasi terhadap kerawanan yang selama ini terjadi, utamanya terkait konflik
baik sesama maupun suporter lainnya. "Ini sebenarnya tidak kita harapkan, tapi kita akan lakukan antisipasi. Nanti, baik dari panitia, pemkot dan forkopimda agar melaksanakan rapat koordinasi dalam upaya mengangisipasi hal yang tidak diinginkan. Contohnya dalam kepemimpinan wasit yang tidak netral atau fair play itu bisa jadi pemicu. Dan kita sudah mengumpulkan para koordinator suporter agar mengimbau rekan-rekannya untuk menikmati hiburan yang disajikan,"bebernya.

Ia pun mengharap agar para suporter menjadi pendukung yang lebih baik. Selain itu meminta agar tidak membawa barang-barang berbahaya ke stadion, baik itu batu maupun senjata tajam termasuk busur. "Kita juga akan meminta tiap Forkopimda ditiap kabupaten maupun kota untuk melakukan pengecekan dan razia ditiap wilayah, baik mobil truk maupun bus yang memuat sporter guna mengetahui apakah mereka layak untuk jalan. Dan polisi juga akan melakukan pemeriksaan ditiap pintu masuk stadion,"ujarnya.

Ditambahkannya, sebuah kesyukuran juga karena Stadion GBH dianggap layak untuk pertandingan tandang PSM Makassar oleh PT Liga Indonesia Baru (LIB). " Maka kita harap kepercayaan ini jangan sampai ternodai dengan hal yang tak semestinya sebagai sporter PSM,"tutupnya.(*)

  • Bagikan