Cerita Soal Program Pra Ligina Era IAS Ketua PSM, Ardan: Saya Adalah Hasilnya

  • Bagikan

ENREKANG, PAREPOS.FAJAR.CO.ID-- Dua pesepak bola profesional berdarah Polman, Irsyad Aras dan Ardan Aras, mendoakan cita-cita Ilham Arief Sirajuddin (IAS) di pilgub Sulsel 2024 mendatang tercapai.

Doa kakak adik mantan bintang Persatuan Sepak Bola Makassar (PSM) ini, mereka lontarkan dengan harapan IAS bisa membangkitkan kembali citra Makassar dan Sulsel sebagai lumbung pemain bertalenta.

Irsyad dan Ardan yakin, sosok IAS dengan wewenangnya sebagai pemimpin Sulsel kelak, bisa kembali mengulang sukses mendorong Makassar sebagai penyuplai pemain timnas.

Ardan berkisah tentang program Pra Ligina PSM yang digagas IAS sebagai Ketua PSM dan wali kota Makassar tahun 2005. "Saya adalah alumni Pra Ligina 1 waktu itu," kenang Ardan Aras di Cakke, Enrekang, Sabtu 2 Juli 2022.

Karena program Pra Ligina PSM itu, tercipta proses pembinaan pemain-pemain dari berbagai daerah di Sulsel, serta Sulbar yang baru setahun mekar sebagai provinsi baru. Misinya adalah menciptakan pemain muda yang akan menopang pemain-pemain senior di PSM.

"Ada prinsip yang berkembang di tubuh pengurus PSM waktu. Bahwa PSM yang penuh prestasi karena baru saja dua kali jadi runner up Liga Indoensia, harus mencoba untuk mencetak pemain-pemain lokal berkelas. Seingat saya PSM ketika itu risau karena prestasi itu dibangun dengan banjirnya pemain-pemain dari luar. Padahal, jika dibina, pemain Sulsel itu sebenarnya banyak," sambung gelandang Pelita Jaya ini.

Pra Ligina 1 memang membuat geger kancah sepak bola nasional. Alumni selain Ardan di antaranya Asmar, Iqbal Samad, Syamsuddin Sangkala, Arwin Rabdha, Arfan Baba, Fachruddin, Juned, Yusuf Hamzah, Nanang Hendrawan, Angga Pratama dan Buyung Gonggong.

Di antara mereka ada yang sempat masuk dalam skuat PSM senior sebelum berpetualang membela sejumlah klub Tanah Air. Mereka siap pakai, karena di Pra Ligina, mereka sudah mendapatkan segalanya. Mulai dari teknik, sikap dan karakter sebagai pemain profesional.

Alumni PSM Pra-Ligina angkatan pertama hampir semuanya mendapatkan klub. "Saya percaya, Pak IAS bisa mendorong program seperti ini jika terpilih sebagai gubernur. Kan buktinya sudah ada? Jadi saya ikut mendoakan," timpal Irsyad, mantan gelandang PSM yang gantung sepatu 2014 lalu.

Ardan dan Irsyad bersua IAS di kediaman tokoh masyarakat Enrekang, Arfan Renggong. Arfan dan Ardan adalah anak mantu dari mantan Sekda Enrekang Alimuddin Ralla. "Rasa-rasanya seperti reuni PSM yah," seloroh IAS, peraih penghargaan PSSI sebagai tokoh dalam bidang pembinaan pemain muda nasional. (*)

  • Bagikan