Dishut Sulbar Gelontorkan Rp1,2 M untuk Penghijauan Lingkungan

  • Bagikan

POLMAN,PAREPOS.FAJAR.CO.ID -- Dinas Kehutanan Provinsi Sulawesi Barat alokasikan Rp.1,2 MilIar untuk penghijaun lingkungan diluar kawasan hutan negara. Jumat 29 Juli 2022.

Kepala Bidang Pengelolaan DAS dan Perhutanan Sosial Dinas Kehutanan Provinsi Sulawesi Barat, Nenny Tandi Rapak menyampaikan, Dinas Kehutanan Provinsi Sulawesi Barat melalui sumber anggaran dana alokasi umum (DAU) TA 2022 melaksanakan Program pengelolaan hutan, kegiatan pelaksanaan rehabilitasi di luar kawasan hutan Negara, sub kegiatan pembangunan penghijauan lingkungan di luar kawasan hutan Negara.

”Program ini menyasar empat Kabupaten di Sulbar, bentuk kegiatannya yakni pengadaan bibit dengan nilai Rp.1,2 M,” jelas Nenny Tandi Tapak.

Bantuan ini kata Nenny, tersebar di empat Kabupaten yakni di Kabupaten Pasangkayu sebanyak 7.000 bibit alpukat untuk kelompok tani Harapan Baru di Desa Letawa, bibit Durian 6.500 batang untuk Desa Sarudu. Kemudian di Kabupaten Mamasa, bibit Pala 8.000 batang untuk Kelurahan Lakahang.

Kabupaten Mamuju terdiri bibit Alpukat 6.000 batang yang diperuntukkan bagi KT Harapan Jaya Desa Kalukkubibit Durian 6.000 batang Kelompok Manis Madu dan Galung, bibit Pala 4.000 batang untuk Gapoktan Ahu Indah dan di Kabupaten Polman bibit rambutan 3.000 batang untuk KT Sisenga, Bibit Pala 3.500 batang untuk KT Ato dan Bibit Pinus (13.500 batang untuk Kelompok tani Eran Batu Desa Batetengnga kabupaten Polewali Mandar.

Nenny juga menyampaikan bahwa pemilihan jenis bibit sesuai dengan keinginan masyarakat.

”Yang pastinya masyarakat akan menanam dan memelihara dan tidak akan menebang pohonnya kelak dengan memanfaatkan buahnya." Benernya.

Bibit tersebut akan di tanam di lahan kebun masyarakat, diluar kawasan hutan sesuai dengan kewenangan Provinsi, Program ini bertujuan untuk memulihkan dan meningkatkan daya dukung lahan di luar kawasan hutan. (win)

  • Bagikan