Jemaah Haji Kloter 1 Parepare, Makassar, dan Soppeng Tiba di SHIAM

  • Bagikan

MAROS, PAREPOS.FAJAR.CO.ID - Sedikitnya 394 jemaah haji kloter 1 akhirnya tiba di Sultan Hasanuddin International Airport Maros (SHIAM), Kamis sore, 28 Juli 2022.

Rombongan kloter debarkasi haji yang tiba itu menumpangi maskapai penerbangan Garuda Indonesia dengan nomor penerbangan GA 1201 rute Jeddah - Makassar. Terlihat sejumlah jemaah sujud syukur setelah menapakkan kakinya di aspal bandara.

Iwan Risdianto, Stakeholder Relation Manager, PT. Angkasa Pura 1 (Persero) sebagai pengelola Bandar Sultan Hasanuddin, mengatakan jika jemaah yang telah tiba langsung dijemput oleh petugas kesehatan.

"Alhamdulillah hari ini jemaah haji tiba di Bandara Sultan Hasanuddin sesuai dengan jadwal. Jemaah haji yang tiba hari ini adalah jemaah haji kloter 1 berasal dari Kota Makassar, Parepare dan Kabupaten Soppeng. Sebelum turun dari pesawat, petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas 1 Makassar (KKP) melakukan pengukuran suhu jemaah haji. Kemudian masuk ke dalam bus Damri menuju Asrama Haji Makassar," bebernya.

Iwan melanjutkan, setibanya di Asrama Haji Makassar, jemaah haji akan melakukan tes RT Antigen. "Apabila hasilnya positif maka akan dikarantina sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Jika hasilnya negatif, maka bisa langsung melanjutkan tahapan pemeriksaan berikutnya yaitu pemeriksaan dokumen kesehatan, imigrasi dan beacukai," jelasnya.

Senada dengan itu, General Manager PT. Angkasa Pura 1 (Persero), Wahyudi mengungkapkan sejumlah fasilitas dan petugas di bandara sudah siap menerima jemaah haji yang akan tiba selanjutnya.

"Debarkasi Haji ini dijadwalkan akan berlangsung mulai hari ini sampai 13 Agustus 2022 dengan total 19 kloter yang akan difasilitasi," ungkapnya.

"Manajemen Bandara Internasional Sultan Hasanuddin telah mempersiapkan fasilitas dan personel untuk membantu kelancaran proses debarkasi Haji tahun ini. Pengelola bandara selalu siap mendukung serta memastikan operasional bandara tetap berjalan lancar," tutup Wahyudi. (guh)

  • Bagikan