September 2022, Lomba Sandeq Digelar di Pantai Bahari Majene

  • Bagikan

Bupati Majene Andi Achmad Syukri, Wakil Bupati Arismunandar, Sekda Ardiansyah, Kadispudpar Rustam Rauf, dan Sekretaris Disbudpar Muhammad Afiat saat menerima rombongan Tim Kemendikbud RI di Rujab Bupati Majene.

MAJENE, PAREPOS.FAJAR.CO.ID -- Kabar gembira bagi masyarakat penggemar Festival Sandeq Race yang selama ini mengalami kevakuman, lantaran masih dalam situasi pandemi Covid-19, akhirnya akan kembali digelar tahun ini.

Perhelatan perahu tradisional layar suku Mandar yang bercadik dan tercepat itu, rencananya digelar di Pantai Bahari Bumi Assamalewuang Mandar Majene pada September 2022 mendatang, dengan konsep segitiga seperti pada tahun sebelum pandemi.

Kabar gembira ini, datang dari Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Majene Rustam Rauf, setelah mendampingi Bupati Majene Andi Achmad Syukri bersama Wakil Bupati Arismunandar, Sekretaris Daerah (Sekda) Ardiansyah saat menerima rombongan Tim Kemendikbud RI di Rumah Jabatan (Rujab) Bupati Majene.

"Kedatangan rombongan Tim Dirjen Pengembangan dan Pemanfaatan Kebudayaan dari Kemendikbud RI di Majene ini, dalam rangka melaksanakan event Sandeg Race yang rencananya ditangani langsung Kemendikbud RI," jelas Rustam Rauf," kemarin.

Selain itu, Tim Dirjen Pengembangan dan Pemanfaatan Kebudayaan juga untuk mengecek kesiapan pemerintah daerah dalam melaksanakan program gerakan nasional bangga buatan Indonesia.

"Jadi khusus bentuk fasilitas konsep kegiatan untuk Kabupaten Majene sesuai usulannya adalah memadukan kegiatan unsur sportourism pengembangan kebudayaan dan edukasi, di antaranya lomba sandeq race segitiga, sandeq mini, festival kuliner khas Mandar Majene secara umum, permainan tradisional dan festival kesenian khas Mandar," urainya.

Rustam Rauf mengaku, sejumlah usulan kegiatan telah mendapat respon dari Kemendikbud RI, sehingga Pemkab Majene akan menggelar rapat pembahasan bersama para eselon II dari Tim Dirjen Pengembangan dan Pemanfaatan Kebudayaan yang direncanakan pada pekan depan.

"Dalam rapat nanti, akan membahas secara detail sejumlah konsep kegiatan termasuk pembahasan anggaran dari Kemendikbud RI dengan Pemkab Majene yang akan dibutuhkan nantinya," terangnya. (edy)

  • Bagikan