Baznas Barru dan Pemprov Sulsel Kerjasama Penyelesaian Penuntasan Baca Alquran

  • Bagikan

BARRU.PAREPOS.FAJAR.CO.ID -- Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan melalui cabang dinas Pendidikan untuk SMA/SMK bersama Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Barru melakukan pertemuan di kantor Baznas Senin, 21 Agustus terkait kerja sama penyelesaian penuntasan baca Alquran disekolah.

Kepala Cabang Dinas Pendidikan wilayah 8 Dinas Provinsi Sulsel Baharuddin Iskandar mengatakan, program ini adalah program Bapak Gubernur. Kami berharap ada bentuk kerjasama dengan pihak Baznas dalam pendidikan keagamaan dilingkungan sekolah khususnya SMA/SMK di wilayah Kabupaten Barru.

"Kami ingin kerjasama dengan Pihak Baznas Barru dalam hal pendidikan keagamaan khususnya pada tingkat SMA/SMK,"ungkapnya.

Ia menjelaskan dari data yang diperoleh ada sekitar 276 dari total 4.000 lebih siswa SMA/SMK di Barru tidak bisa sama sekali membaca Al Quran. Maka dari itu kami ingin agar anak ini bisa segera membaca Alquran dengan melibatkan pihak Baznas.

"Kita mau tuntas baca Alquran bagi siswa SMK/SMA jadi kita gandeng pihak Baznas,"urainya.

Sementara itu pihak Baznas melalui Minu Kalibu mengaku Baznas akan siap membantu dan memfasilitasi program Pemerintah Sulsel itu termasuk pengadaan buku untuk bacaan Alquran nantinya. "Kami tentu akan siap memfasilitasi program ini," ujar mantan anggota DPRD ini.

Ia menjelaskan Baznas punya lima program yaitu,
Pendidikan, Kesehatan, Kemanusiaan, Dakwa dan Ekonomi. Menurutnya, ada 23 jenis bantuan pendidikan yang telah diprogramkan oleh Baznas dengan dana sekitar Rp 3,5 M.

Ia juga mengatakan bahwa semua guru SMK/SMA yang ada di Kabupaten Barru juga sudah ber zakat di Baznas. "Jadi semua guru SMA/SMK termasuk guru SLB juga sudah ber zakat di Baznas,"jelasnya.(mad)

  • Bagikan