Bupati Soppeng Lepas Peserta Jambore Nasional XI 2022

  • Bagikan

SOPPENG, PAREPOS.FAJAR.CO.ID -- Bupati Soppeng H Andi Kaswadi Razak secara resmi melepas peserta Jambore Nasional XI 2022, Kwartir Cabang Soppeng, di Baruga Rujab Bupati Soppeng, Jumat, 5 Agustus 2022.

Pelepasan ditandai penyerahan bendera kontingen oleh Bupati Soppeng HA Kaswadi Razak selaku Ketua Majelis Bimbingan Cabang (Mabicab) kepada ketua Kwarcab Soppeng Drs A Aswan Said, kemudian diteruskan ke pimpinan kontingen Soppeng Drs Sulo MSi.

Pimpinan kontingen Soppeng Sulo mengatakan, jambore nasional ini dimaksudkan agar menjadi sarana pendidikan dan pertemuan besar bagi pramuka penggalan, yang bertujuan untuk membentuk watak, meningkatkan sikap kemandirian, keterampilan, meningkatkan rasa kebangsaan, berpendidikan sebagai manusia yang berilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) dan IMTAQ (Iman dan Taqwa).

Dikatakan, perkemahan jambore nasional XI ini akan berlangsung mulai tanggal 14-21 Agustus di bumi perkemahan Cibubur, Jakarta Timur. Adapun peserta Kwartir Cabang Soppeng terdiri 2 regu sebanyak 16 orang, yakni regu putra 8 orang dan regu putri 8 orang, serta peninjau sebanyak 49 orang.

"Hasil yang akan dicapai dari kegiatan ini yaitu meningkatkan ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa, terjalinnya tali persaudaraan, adanya upaya membangun jati diri bansga, meningkatkan kekuatan fisik, jiwa kepemimpinan, rasa percaya diri, rasa tanggung jawab serta bertambahnya pengalaman bagi para peserta," jelas Sulo.

Bupati Soppeng Andi Kaswadi mengucapkan selamat kepada peserta yang terpilih mewakili Kabupaten Soppeng pada pelaksanaan Jambore Nasional yang akan dilaksanakan di Cibubur. Kalian merupakan duta Soppeng yang akan membawah nama baik, citra dan wajah Kabupaten Soppeng dalam Jambore Nasional.

"Ini merupakan proses pembelajaran bagi anak-anakku sekalian untuk menjadi orang hebat sebagai generasi pelanjut kita semua," ujarnya.

Lanjut dikatakan, tentu semua peserta yang terpilih mengikuti kegiatan jambore ini telah melewati beberapa seleksi dengan proses dan ketentuan yang berlaku, dan melibatkan semua sekolah untuk terlibat dalam seleksi ini. Sehingga diharapkan kepada para peserta agar tetap menjaga persatuan dan kesatuan sesama peserta karena nanti akan diperhadapkan dengan situasi yang luar biasa, yang sebelumnya belum pernah dialami dan saksikan, sehingga akan menjadi kenangan yang baik untuk dapat tampil diantara ribuan peserta lainnya.

"Walaupun kota kita kecil, tapi bukan berarti bahwa daerah kita tidak bisa memperlihatkan sesuatu yang luar biasa, kita harus tampil di setiap event yang dibuat oleh penyelenggara di jambore nantinya," ucapnya.

Dengan demikian, kata Andi Kaswadi, tentu harus menguasai dan memahami karakter, kebudayaan dan semua potensi yang ada di Kabupaten Soppeng minimal gambaran singkatnya. Karena kalian adalah kader, generasi pelanjut dan saya yakin anak-anakku sekalian mempunyai banyak potensi.

"Jadikan momentum Jambore ini sebagai bekal, baik secara pribadi maupun kelompok. Sehingga saya berharap kepada para peserta untuk mengikuti Jambore ini dengan kesan dan pengalaman yang luar biasa, dan percaya bahwa ini akan menjadi sesuatu yang sangat berharga bagi peserta," tambahnya. (wis)

  • Bagikan