DPR Nilai Serapan Anggaran OPD Masih Rendah

  • Bagikan

BARRU.PAREPOS.FAJAR.CO.ID --Sudah dua hari pihak DPRD Barru mengevaluasi serapan anggaran OPD Pemkab Barru. Rapat hari pertama digelar Kamis dan dipimpin Ketua DPRD Lukman, T kemudian dihari kedua Jum’at(19/8) dipimpin Wakil Ketua H Kamil Ruddin.

Meski masih berlangsung rapat, namun Ketua DPRD Lukman, T sudah membeberkan gambaran pengunaan anggaran semester satu( periode Januari-Juni 2022) seluruh OPD sangat rendah.

“Rata-rata OPD saat ini baru bisa mencapai serapan anggaran sekitar 30 persen. Terutama OPD yang banyak mengelola dana fisik. Bahkan masih ada Instansi Pemkab yang serapannya dibawah 30 persen," ujar Lukman.

Capaian inilah lanjut Politisi Nasdem ini, yang dievaluasi pihak dewan dari apa yang sudah dilakukan semua OPD selama semester satu( periode Januari hingga Juni 2022).

Menurut Ketua DPRD ini, dari hasil evaluasi capaian serapan OPD tersebut selanjutnya akan dibawa oleh dewan kemudian diserahkan TAPD Pemkab Barru.

Pokoknya dewan akan menelisik serapan anggaran ini per OPD. Jadi kalau misalnya OPD itu belum mencapai 50 persen serapan hingga semester satu berakhir.

“Maka kita akan mintai pertanggungjawaban mengapa capaian baru seperti itu dan apa saja yang dilakukan dan tidak dilakukan sehingga serapan belum sampai diatas 50 persen,” pungkasnya. (mad)

  • Bagikan