DPRD Berharap, Pelabuhan Passarang-Palipi Jadi Sentral Ekonomi

  • Bagikan

Paharuddin anggota DPRD Majene (kanan) bersama rekannya.

MAJENE, PAREPOS.FAJAR.CO.ID -- Dua pelabuhan laut di Majene yakni Pelabuhan Passarang dan Pelabuhan Palipi dinilai dapat meningkatkan roda perekonomian masyarakat di daerah ini.

Peningkatan ekonomi pada kedua pelabuhan itu, tentu diharapkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Majene untuk melakukan berbagai upaya. Seperti salah satunya, dapat mengoptimalkan pengoperasian kapal-kapal pengangkut komoditi yang dimiliki daerah ini.

"Pelabuhan Passarang ini, berfungsi hanya pada musim barat tiba, karena di musim timur, selain angin kencang juga disertai gelombang tinggi, sehingga kapal penumpang kembali bersandar di Pelabuhan Palipi di Kecamatan Sendana," terang Paharuddin anggota DPRD Majene itu, kemarin.

Dituturkan, pengoperasian kapal pengangkut komoditi pada kedua pelabuhan tersebut dengan melakukan perluasan manfaat. Artinya, jangan hanya berlabuh kapal penumpang saja, tapi juga menjadi tempat berlabuhnya kapal pengangkut komoditi-komoditi kebutuhan masyarakat.

Apabila hal ini dapat terwujud, lanjut Paharuddin, maka akan berdampak positif pada perekonomian masyarakat pengusaha kecil menengah di Majene, seperti pengusaha ikan, ternak kambing, sayuran, dan buah yang nantinya tidak perlu lagi mengeluarkan banyak dana menuju ke Makassar atau daerah lainnya, karena bisa bertransaksi langsung dengan koleganya di area pelabuhan tersebut.

Dipaparkan juga, perluasan pemanfaatan pelabuhan dengan tata kelola yang baik akan lebih memiliki banyak manfaat, serta terciptanya lapangan kerja bagi masyarakat, seperti buruh angkut, mobilisasi, bahkan jadi security setiap kapal yang bersandar.

Karena itu, ia berharap, terobosan yang diuraikan nantinya menjadi bahan diskusi bersama. Artinya, sebagai anggota DPRD dan pemerintah sudah menjadi tugas bersama untuk terus berupaya mendorong percepatan pembagunan, baik pada pembagunan fisik maupun pembangunan manusia di Bumi Assamalewuang ini. (edy)

  • Bagikan