Festival Perahu Sandeg 2022, Pemkab Majene Gelar Rapat Persiapan

  • Bagikan

Bupati Majene, Sekda Majene bersama Kadisbudpar Majene saat menggelar rapat persiapan Festival Sandeq 2022 di Ruang Rapat Bupati Majene.

MAJENE, PAREPOS.FAJAR.CO.ID -- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Majene kembali menggelar rapat persiapan Festival Sandeq 2022 Indonesia guna mendukung Ibu Kota Negara (IKN) yang tidak lama lagi akan bergulir.

Dalam pembahasan itu, Pemkab Majene menetapkan tiga titik yang menjadi jalur etape festival perahu bercadik di wilayah Majene, yaitu Pantai Labuang Kecamatan Banggae Timur, Pantai Palipi Kecamatan Sendana, dan Pantai Deking Kecamatan Malunda.

"Ada beberapa kegiatan penyambutan peserta sandeq, untuk siang hari seperti hiburan kesenian serta di malam hari seperti tarian, passayang-sayang, pakkalindaq-daq, marawis, aneka kuliner, jamuan di pesta rakyat serta pelaksanaan doa atau barasanji sebelum dan kedatangan peserta," sebut Rustam Rauf Kepala Disbudpar Majene, kemarin.

Ia menyebut, selain kesenian dan doa barasanji, para passandeq juga meminta agar panitia menyediakan jamuan bubur kacang hijau (Ule'ule' bue) saat tiba dan sebelum kembali berlayar.

"Ini jadi ciri khas atau hal yang dianggap sakral bagi passandeq, harus disambut dengan ule-ule dan dilepas dengan sajian yang sama," sebutnya.

Dijelaskan, terdapat 8 titik jalur etape, yaitu dimulai dari Silopo Kabupaten Polman pada 31 Agustus, Banggae-Palipi Kabupaten Majene pada 1 September, Palipi-Deking 2 September, Deking Kabupaten Mamuju 3 September, Mamuju-Pulau Ambo 4 September, Pulau Ambo-Pulau Salissingang 5 September, Pulau Salissingang-Pantai Manggar Kaltim 6 September, penyambutan di Pantai Manggar 7 September, event di Pantai Manggar dan BSB Balikpapan 8 September dan penyambutan Presiden dan lainnya dalam kegiatan di Haornas, 9 September.

Sekretaris Daerah (Sekda) Majene Ardiansyah mengatakan, sejumlah kegiatan tentu diharapkan dukungan dari pemerintah kecamatan, karena tidak menggunakan APBD atau non APBD.

"Diharapkan masyarakat bisa berkontribusi salah satunya dengan kegiatan pesta rakyat yang disesuaikan dengan jadwal festival sandeq. Selain itu juga berkolaborasi dengan para kelompok seni budaya setempat agar memberikan support untuk tampil pada kegiatan malam hari," harapnya.

Diungkapkan, sebagai tuan rumah di tiga etape, tentu bukan hanya kue penyambutan yang tersedia, tapi patut memberikan pelayanan terbaik dalam menyambut tamu dan menjaga nama harum Majene.

"Terkait dengan sejumlah susunan kegiatan tentu segera merampungkan segala kebutuhan, termasuk kepastian para penampil di malam hari," pintanya.

Di tempat yang sama, Bupati Majene Andi Achmad Syukri meminta seluruh pihak untuk serius dalam menyukseskan festival sandeq. "Semua persiapan harus kita mantapkan secepatnya, jika ada kendala tetap di koordinasikan dengan Pemkab Majene," ujarnya. (edy)

  • Bagikan