IPSI Sulsel Siap Kembalikan Kejayaan Pesilat di Kancah Nasional

  • Bagikan

 
PINRANG, PAREPOS.FAJAR.CO.ID -- Pengurus Provinsi (Pengprov) Ikatan Pencak Silat Seluruh Indonesia (IPSI) mengukuhkan Pengurus Kabupaten IPSI Kabupaten  Pinrang, di Gedung STT Baramuli.

Wakil Ketua Pengurus Provinsi IPSI Sulawesi Selatan H.Arif Udin mengatakan, Pengprov IPSI Sulsel bersiap diri mengembalikan kejayaan atlet atlet yang berlaga di cabang olahraga Pencak Silat " Di event tingkat Nasional, IPSI Sulsel selalu berada di urutan 5 besar " kata dia usai mengukuhkan Pengurus Kabupaten IPSI Kabupaten Pinrang, Minggu (7/8/2022).

Sehingga kata dia, pembinaan secara dini, bibit atlet Pencak Silat terus dilakukan, baik ditingkat pengurus Kabupaten hingga ke tingkat Provinsi. "Pembinaan secara kontinyu terus dilakukan." Ucapnya.

Saat ini kata dia, sejumlah atlet Pencak Silat Sulawesi Selatan mengikuti Kejuaraan Dunia, Setelah itu, Pengprov IPSI Sulsel akan fokus pembinaan atlet untuk PON yang digelar Di Aceh dan Sumatera Utara. Pesilat yang mengikuti kejuaraan dunia ini, nantinya diseleksi lagi, untuk dapat  mewakili Sulsel di PON mendatang.

Sejauh ini kata dia, Pesilat pesilat dari Pulau Jawa, seperti Jawa Barat dan Jawa Tengah hingga Jawa Timur, masih menjadi tantangan berat bagi Pesilat Sulawesi Selatan. "Tapi ke depan kita akan bersaing menjadi yang terbaik." Katanya.

Sementara itu, Ketua Pengkab IPSI Kabupaten Pinrang Abdul Wahid Nara mendukung program pengurus Provinsi  IPSI Sulsel, Pengkab Kabupaten Pinrang akan terus melakukan pembinaan dini mulai dari tingkat SD hingga SMA dan SMK

Tujuannya, lanjut dia, untuk mencari bibit pesilat yang handal, agar mampu berkiprah baik ditingkat nasional dan bahkan internasional. "Untuk capai itu, tentu dengan memperbanyak pertandingan pertandingan lokal, dan tingkat daerah, agar pesilat Pinrang, memiliki pengalaman tanding yang mumpuni dan memiliki mental juara," Harapnya.

Pesilat-Pesilat Kabupaten Pinrang kata dia, hampir tidak pernah absen menyumbangkan medali, baik saat berlaga di tingkat Provinsi, bahkan di tingkat Nasional. Bahkan Pesilat Pinrang pernah mengharumkan Nama Indonesia, saat menjuarai kejuaraan yang diadakan di Brunai Darussalam beberapa tahun sebelumnya.

Menurut dia, IPSI Kabupaten Pinrang  berkomitmen menjadikan Bumi Lasinrang sebagai lumbung pesilat. "Dengan dukungan semua Pengurus IPSI, dan Perguruan Silat di Kabupaten Pinrang, kami yakin komitmen itu akan terwujud," Tambahnya.

Adapun Ketua Dewan Pembina IPSI Kabupaten Pinrang, Ahmad Jaya Baramuli mengatakan, Dewan Pembina IPSI Kabupaten Pinrang, akan turun tangan mendukung program dari pengurus IPSI Pinrang.

"Kami akan bantu untuk mewujudkan dan melahirkan atlet atlet Pencak Silat yang mumpuni dan mampu berkiprah baik ditingkat provinsi maupun tingkat Nasional bahkan tingkat internasional sekalipun," Lanjut Wakil Ketua DPRD Kabupaten Pinrang ini. (*)

  • Bagikan