Khitan Modern Gratis, Yayasan Pemuda Takalar Peduli Gandeng Praktisi KLN di Patallassang

  • Bagikan

TAKALAR, PAREPOS.FAJAR.CO.ID-- Sebanyak 94 anak dari wilayah Patallassang dan sekitarnya mengikuti Khitan Modern Massal secara GRATIS di sekretariat Yayasan Pemuda Takalar Peduli (Y-PTP). Kegiatan khitan atau sunat gratis itu sebagai bagian dari peluncuran program Galeri Al Quran di sekretariat tersebut.

Ketua Yayasan, Alimuddin Jalil Dg. Tinri mengatakan selain membumikan Al Qur'an, pihaknya berharap juga bisa membagikan kebahagian kepada adik-adik di Takalar dengan menjalankan salah satu syariat Islam yakni Khitan yang kebetulan dengan metode modern secara GRATIS.

" Terima kasih kepada Komunitas Khitan Lem Nusantara (KLN) yang telah menurunkan timnya untuk membantu kami mewujudkan kegiatan kali ini,"katanya.

Sebagian besar anak yang di Khitan berasal dari Patalassang, Parangbasso, Palleko, Malewang, Laikang dan desa-desa lain sekitarnya. "Sebetulnya peserta yang terdaftar sebanyak 96 anak, namun dua anak tidak jadi dikhitan karena hasil pemeriksaan awal menunjukkan anak mengalami webbed penis dan hipospadia, sebuah kontraindikasi dari Khitan. Jadi anak-anak tidak sekedar dikhitan, tapi praktisi yang datang betul-betul memahami konsep dan ilmu dari Khitan itu sendri, baik indikasi, kontraindikasi atapun penyulit dari Khitan yang dalam dunia medis disebut circumsisi,"ujar dr. Armansyah selaku penanggung jawab kegiatan kali ini.

Para orang tua dan tokoh masyarakat setempat berharap, kegiatan semacam itu terus didukung dan dilaksanakan, khususnya di daerah-daerah terpencil yang masih belum terpapar metode Khitan yang terbaru. Arus lalu lintas sempat menjadi macet karena ramainya antusias keluarga yang mengantar anaknya ke lokasi kegiatan yang kebetulan memang berasa di jalan poros Takalar yang selalu padat.

Berkat kesigapan panitia dan aparat keamanan setempat, acara yang dimulai pukul 11.00 wita berakhir setelah pukul 13.30. Turut hadir dalam pembukaan kegiatan ini, kapolsek Patallassang bersama Danramil, aparat Pemerintah Kecamatan serta tokoh masyarakat Patallassang sendiri.(*)

  • Bagikan