Pemkot Parepare Sukses Gelar Lomba Olahraga Rakyat Berdayakan UMKM

  • Bagikan

PAREPARE, PAREPOS.FAJAR.CO.ID -- Antusias masyarakat mengikuti perlomba olahraga rakyat yang digelar Pemerintah Kota (Pemkot) Parepare melalui Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar). Pesta olahraga rakyat ini dalam rangka menyemarakkan HUT ke-77 Kemerdekaan RI di Kota Parepare.

Sebelumnya kegiatan itu, telah dibuka oleh Wali Kota Parepare, Dr HM Taufan Pawe, sekaligus melepas peserta lomba gerak jalan di alun-alun kota, Lapangan Andi Makkasau pada Senin malam, 22 Agustus 2022.

Lomba olahraga rakyat ini juga salah satu upaya mengakselerasi ekonomi kreatif, yakni berdayakan UMKM. Selain memanjakan mata masyatakat dengan hadirnya kegiatan tersebut namun juga turut memperdayakan pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kota Parepare dalam proses pemulihan perekonomian.

Ini sejalan dengan tema HUT ke-77 RI, "Pulih Lebih Kuat, Bangkit Lebih Cepat". Hal itu disampaikan Kepala Disporapar Kota Parepare Amarun Agung Hamka, baru-baru ini.

Menurutnya melalui kegiatan ini dapat memecahakan kerinduaan masyarakat Kota Parepare. "Setelah dua tahun tidak menggelar perayaan kemerdekaan karena pandemi Covid 19," katanya. Kegiatan ini berlangsung selama dua hari, Selasa-Rabu, 23-24 Agustus 2022.

Dia menyebutkan, perlombaan ini dipusatkan pada satu lokasi, sebab kegiatan ini turut memberi kesempatan para pelaku UMKM di Parepare untuk hadir dan menjajakan usahanya.

"Kami menyediakan beberapa titik dibagian lokasi kegiatan untuk digunakan pelaku UMKM untuk berjualan," ujarnya.

Dia mengungkapkan, kegiatan ini masih dalam rangka menyemarakkan HUT RI ke-77. Diikuti oleh 22 utusan dari kelurahan se-Kota Parepare. Adapun lombanya, di antaranya lomba lari kelereng, tarik tambang, dan lari karung.

"Lomba ini diikuti sebanyak 132 regu. Terdiri dari enam regu pada masing-masing utusan kelurahan."
Pedagang Somay yang hadir dalam kegiatan, Arif mengaku bersykur dengan adanya lomba olahraga rakyat ini. "Dagangan saya cepat ludes dibeli penonton yang hadir," kata Arif. (mg1)

Editor: PAREPOS
  • Bagikan