Polda Sulbar Gelar Operasi Gaktibplin, Personel Polres Majene Diperiksa

  • Bagikan

Bid Propam Polda Sulbar Ipda Muhammad Nasir Ps Paur 1 Subbid Provost Bidpropam melakukan pemeriksaan identitas diri personel di Mapolres Majene.

MAJENE, PAREPOS.FAJAR.CO.ID -- Sebagai upaya tetap mendisiplinkan serta meminimalisir pelanggaran yang menurunkan citra dan martabat institusi Polri, Polda Sulbar menggelar Operasi Penegakan Ketertiban dan Disiplin (Gaktiplin) di jajarannya.

Operasi Gaktiplin ini, juga menyasar kepada personel Polres Majene dipimpin Bid Propam Polda Sulbar Ipda Muhammad Nasir Ps. Paur 1 Subbid Provost Bidpropam di Mapolres Majene.

Menurut Muhammad Nasir kegiatan ini bukan untuk mencari kesalahan, namun untuk menjaga kedisiplinan seluruh personel Polri, dengan meliputi sikap tampang, gampol, kelengkapan identitas diri dan kendaraan, di antaranya KTA, KTP, SIM, STNK, dan kartu senpi.

Ia menambahkan, selain pemeriksaan penampilan dan kelengkapan data diri para personel juga mengikuti sosialisasi Pengawasan Melekat (Waskat) di lingkungan Polri yang tertuang pada Peraturan Kapolri (Perkap) Nomor 2 Tahun 2022.

Di tempat yang sama, Kasi Propam Polres Majene Iptu Abdul Rajab menegaskan, disiplin di lingkungan Polri merupakan hal yang tidak bisa ditawar, sehingga butuh pengawasan ekstra untuk menjaganya.

"Bagi personel yang terjaring, seperti lupa mencukur jenggot, kami langsung berikan teguran dan perintahkan untuk merapikan jenggotnya," cetusnya.

Dituturkan, meski terdapat personel yang terjaring operasi Gaktiplin, Polres Majene tetap mendapat apresiasi dari Polda Sulbar.

"Itu karena, selain mampu menjaga kedisiplinan saat bertugas, personel kita juga mampu menjaga adab dan perilaku saat melayani masyarakat," ujarnya. (edy)

  • Bagikan