Puluhan Sandeq Tiba di Polman, Bakal Dilepas Mendagri

  • Bagikan

Perahu Sandeq tiba di Polman.

POLMAN, PAREPOS.FAJAR.CO.ID -- Sebanyak 35 unit perahu Sandeq beserta pengantar tiba di kabupaten Polman. Puluhan perahu Sandeq ini tiba dan ditambatkan di pinggir pantai Silopo Desa Mirring Kecamatan Binuang, Senin 29 Agustus 2022.

Bupati Polman Andi Ibrahim Masdar mengatakan hari ini semua Sandeq yang akan ikut berlayar ke Balikpapan pada festival Sandeq tahun 2022 sudah tiba di tanjung silopo.

"Perahu Sandeq dan pengantarnya tiba tadi siang di Tanjung Silopo dan disini akan ada berbagai kegiatan yang akan digelar sebelum pelepasan akan kegiatan seremonial diantaranya tari kolosal menghibur Passandeq, selain itu akan ada juga pelepasan 1000 lampion di malam Rabu. Dan pada pagi harinya peserta festival Sandeq yang akan di lepas oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian,"terang Bupati Polman Andi Ibrahim Masdar.

Sementara itu salah satu awaksandeq, Yusuf, mengatakan jelang persiapan pemberangkatan berlayar menuju ke Balikpapan dirinya beserta kru yang lain sudah sangat siap mengarungi lautan Kalimantan yang meskipun harus melewati lautan teluk Mandar yang ombaknya cukup menantang.

"Kami sudah biasa mengarungi lautan luas pak, apalagi ini cuma Balikpapan, memang naik parahu Sandeq sudah merupakan hobi kami, kalau mau berhitung keuntungan ikut pada festival ini tidak akan ada untung namun karena hobi dan mau meramaikan festival sehingga kami harus ikut meski harus meninggalkan anak istri," tantang Yusuf. (Win)

  • Bagikan