SMPN 3 Parepare Budayakan Literasi Al-Qur’an

  • Bagikan

PAREPARE, PAREPOS.FAJAR.CO.ID-- UPTD SMPN 3 Kota Parepare, menerapkan program literasi bacaan Al-Qur'an yang dilakukan setiap Jumat pada Minggu ke empat setiap bulannya, diikuti seluruh pelajar dengan membaca beberapa surah pendek, di pelataran sekolah. Itu dilakukan, sebagai pembentukan karakter anak didik, dan bekal untuk membentengi mereka dari hal-hal yang tidak benar.

Kepala UPTD SMPN 3 Kota Parepare, Hartono mengatakan, literasi Al-Qur'an ini diadakan setiap Jumat, pada Minggu ke 4 setiap bulannya. Ini sudah merupakan program sekolah, yaitu unggul dalam prestasi, taat beribadah dan peduli lingkungan dan bersinergi dengan program Majelis Anak Saleh (MAS) Kota Parepare.

"Ini merupakan visi dari sekolah SMP 3, yaitu unggul dalam prestasi, taat beribadah dan peduli lingkungan," kata Hartono saat dihubungi, Senin, 1 Agustus 2022.

Dia menjelaskan, literasi Al-Qur'an ini, digelar di awal mata pelajaran selama 25 menit untuk mengaji. Kemudian di lanjutkan kultum dengan tiga bahasa. Diantaranya Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Bahasa Daerah.

"Ini kita berkolaborasi dengan ekskul budaya, sastra dan ekskul MAS di sekolah," ujarnya.

Ia menambahkan, program Literasi Al-Qur'an ini sangat penting dilakukan di sekolah sebagai pembentukan karakter anak didik. Sebagai bekal untuk membentengi mereka dari hal-hal yang tidak benar.

"Kami berusaha membuat SMPN 3 Parepare sebagai sekolah umum yang berkarakter agama," tandasnya. (has)

  • Bagikan