Wabup Maros dan Pangkep Diganjar Penghargaan dalam Pengembangan Geopark Indonesia

  • Bagikan

MAROS, PAREPOS.FAJAR.CO.ID -- Wakil Bupati Maros dan Pangkep mendapatkan penghargaan dari UNESCO Global Geopark Rinjani Lombok pada agenda Geotourism Conference & International ke-3 di Hotel Raya Lombok, Rabu, 10 Agustus 2022.

Penghargaan yang diterima dua wakil bupati itu masing-masing, Wakil Bupati Maros, Suhartina Bohari sebagai Kepala Daerah Wanita, Inspirasi Geopark Indonesia: Women Empowerment.

Sementara untuk Wakil Bupati Pangkep, Syahban Sammana sebagai Kepala Daerah Kolaborator, Inspirasi Synergi Pentahelix Geopark.

Manager Pemberdayaan Masyarakat Badan Pengelola Geopark Maros Pangkep, Inasritaty Putri mengatakan, jika kedua kepala daerah tersebut dianggap sangat berperan penting dalam pembangunan dan pengembangan Geopark Indonesia, khususnya di Kawasan Geopark Maros Pangkep.

"Penghargaan internasional itu, diberikan karena supporting kepala daerah sangat kita rasakan dalam pengembangan Geopark Maros Pangkep, apalagi saat melaksanakan asessment langsung dari UNESCO," ujarnya melalui rilis.

Ina melanjutkan, jika penghargaan yang diberikan Gubernur Nusa Tenggara Barat, Zulkieflimansyah selaku Dewan Pengarah UNESCO Global Geopark Rinjani Lombok itu, disaksikan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uno.

"Kegiatan ini memang merupakan inisiasi Rinjani-Lombok UGGp yang didukung oleh Asia Pasific Geopark Network (APGN) dan UNESCO Jakarta Office, dan bekerja sama dengan berbagai institusi dan mitra-mitra mereka," bebernya.

Senada dengan itu, Wakil Bupati Maros, Suhartina Bohari mengungkapkan, jika penghargaan yang ia dapatkan merupakan apresiasi yang diberikan terhadap masyarakat yang berada di Kawasan Geopark Maros Pangkep, terkhusus kaum perempuan.

"Ini penghargaan kita bersama, perempun hari ini harus mengambil peran penting terhadap pengembangan Geopark Maros Pangkep, pemberdayaan masyarakat harus terus kita kedepankan," ujarnya.

"Melalui penghargaan ini juga kita harapkan dapat memotivasi perempuan di Kawasan Karst Maros Pangkep untuk terus terlibat dalam UMKM," tambahnya. (guh)

  • Bagikan