Wali Kota: Momentum Menuju Kebangkitan Semua Sektor

  • Bagikan

- Peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI di Kota Parepare

PAREPARE, PAREPOS.FAJAR.CO.ID-- Upacara peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-77 tahun tingkat Kota Parepare berjalan dengan penuh khidmat. Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kota Parepare sukses menjalankan tugas mengibarkan Bendera Merah Putih di Alun-alun Kota Lapangan Andi Makkasau, Parepare, Rabu, 17 Agustus 2022.

Upacara dihadiri langsung Wali Kota Parepare, Dr HM Taufan Pawe, sekaligus menjadi Inspektur Upacara (Irup). Hadir Wakil Wali Kota Parepare, H Pangerang Rahim, Ketua DPRD Parepare, Hj Andi Nurhatina Tipu yang membacakan Teks Proklamasi, serta jajaran Forkopimda hadir lengkap.

Turut hadir Sekretaris Daerah Kota Parepare, H Iwan Asaad, pimpinan dan anggota DPRD Kota Parepare, seluruh pimpinan SKPD lingkup Pemkot Parepare, instansi vertikal, jajaran TNI-Polri, camat, lurah, kepala sekolah, kepala puskesmas, hingga purnawirawan, pimpinan parpol, pimpinan organisasi, tokoh masyarakat, dan tamu kehormatan lainnya hadir.

Kasat Lantas Polres Parepare, AKP Muhammad Yusuf bertindak sebagai komandan upacara dan Kanit Laka Satlantas Polres Parepare, Ipda Amiruddin sebagai komandan Paskibraka saat pengibaran sang Merah Putih.

Pembawa baki bendera merah putih, Zaskiyah Ramadhani Safrin, siswi SMAN 1 Parepare, menerima bendera dari inspektur upacara, dan kemudian sukses dikibarkan oleh pengibar bendera. Haru, bangga, dan semangat nasionalme berkobar begitu pengibaran bendera merah putih sukses dilaksanakan.

“Bendera siap,” kata Rahmat Hidayat, siswa MAN 2 Parepare, saat membentangkan bendera. Tepuk tangan riuh dari para tamu, peserta upacara hingga masyarakat umum yang menyaksikan di pinggir lapangan mengiringi kesuksesan Paskibraka mengibarkan bendera.

Wali Kota Parepare, Dr HM Taufan Pawe mengatakan, peringatan detik-detik Proklamasi Kemredekan RI itu merupakan momen yang harus dilakukan penghayatan sebagai anak bangsa.

“Sebagai anak bangsa kita tentu mengisi kemerdekaan ini, bukanlah sesuatu yang mudah, tapi harus dengan komitmen nilai kebangsaan patriotisme dan nasionalisme yang harus di kedepankan,” kata Taufan Pawe.

Wali Kota pun menaruh harapan besar dalam memaknai HUT ke- 77 Kemerdekaan RI untuk cepat pulih dan bangkit dari adanya pandemi Covid-19 dua tahun terakhir, dengan nilai ketangguhan yang tidak diragukan. Sehingga, semua sistem dan sub sistem harus bergerak secara massif.

“Untuk Parepare, saya rasa arah untuk menuju kebangkitan dari segala sektor, kita dari beberapa waktu yang lalu sudah melaksanakan itu. Yang jelas saya bangga dari prosesi peringatan HUT RI tahun ini. Dan dua tahun belakangan ini kita tidak lakukan dan langsung meriah," ungkap Taufan Pawe.

Wali Kota mengapresiasi para Paskibraka yang sudah melaksanakan tugasnya dengan baik dan penuh tanggung jawab. Termasuk, mengapresiasi panitia HUT ke-77 RI tingkat Kota Parepare yang telah memastikan kelancaran dan kesuksesan pelaksanaan upacara peringatan detik-detik Proklmasi Kemerdakaan RI tingkat Kota Parepare ini.

“Selamat anak-anak ku semua, kalian sudah berhasil menjalankan tugas dengan baik, sempurna. Kalian sudah membuat bangga orang tua kalian, guru kalian, hingga seluruh masyarakat Kota Parepare. Terima kasih terima kasih, dan sekali lagi selamat, kalian membuat kami bangga,” tandas Wali Kota Parepare dua periode ini. (*)

Editor: PAREPOS
  • Bagikan