Wapres Ma’ruf Amin akan Lepas Festival Sandeq 2022, Akmal Malik: Disambut Presiden Jokowi di IKN

  • Bagikan

Pj Gubernur Sulbar, Akmal Malik

MAKASSAR, PAREPOS.FAJAR.CO.ID--
Festival Sandeq Sail to Ibu Kota Negara (IKN) 2022 yang sebelumnya dikenal dengan Sandeq Race, akan mulai dilaksanakan pada tanggal 31 Agustus 2022. Lomba perahu tradisional khas suku mandar ini aka lebih istimewa karena akan dilepas dan diterima oleh orang nomor satu dan dua di negara ini.

Festival Sandeq Sail to IKN yang diikuti 35 peserta akan dilepas Wakil Presiden RI, KH Ma'ruf Amin di Pelabuhan Silopo, Kabupaten Polewali Mandar (Polman), Sulawesi Barat, Rabu 31 Agustus 2022. Dan akan disambut digaris finish sekaligus penyerahan hadiah oleh Presiden RI, H Joko Widodo di Pelabuhan Manggar, Kalimantan Timur pada 6 September 2022.

Bukan hanya itu, Festival Sandeq Sail to IKN juga akan diwarnai pelepasan 1.000 Lampion dari Anjungan Pantai Manakarra, Kabupaten Mamuju (Mamuju) oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian.

Hal itu disampaikan Pj Gubernur Sulbar, Akmal Malik usai pelaksanaan Gala Dinner Festival Sandeq 2022 di Macora Ballroom, The Rinra Hotel, Tanjung Bunga, Makassar, Sabtu 27 Agustus 2022, malam tadi.

Akmal mengakui, selama 21 kali event pelaksanaan sejak tahun 1995 hingga 2019 dari sebelumnya menempuh jarak Majene, Polman, Parepare ke Kota Makassar. Kali ini, etape berubah dari Polman, Mamuju ke Pulau Kalimantan.

" Sebelumnya pelayaran Sandeq hanya melintasi pesisir barat Sulawesi, dari utara ke selatan. Dan terbaru akan mulai berlomba dari Pantai Silopo di selatan, menyusur naik ke utara, sebelum menyeberang ke pelabuhan Manggar, di Kalimantan Timur, "ungkap Akmal.

Ia pun mengakui, dengan momentum festival ini maka Sulbar secara perlahan akan keluar dari bayang-bayang tradisional Sulsel. " Masa depan Sulbar itu ada di Kalimantan, pulau seberang ibu kota negara Indonesia baru," imbuhnya.

Total ada 35 perahu sandeq, dimana akan diawaki satu nahkoda, dan tujuh pembantu mulai muallim, juru layar, dan sawi. "Ada 280 pasandeq debgan total kru pemandu, penderek, dan panitia di Sulbar dan Kaltim sekitar 514 orang. ini hampir sama dengan total jumlah kabupaten dan kota di Indonesia,"tutupnya. (*)

  • Bagikan