Apresiasi Festival Sandeq di Sulbar, Sandiaga Uno: Moga Terlaksana dengan Sukses

  • Bagikan

PAREPARE, PAREPOS.FAJAR.CO.ID-- Menparekraf Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno mengapresiasi pelaksanaan Festival Sandeq Sail to IKN 2022 di Provinsi Sulawesi Barat.

Dalam pelaksanaan Weekly Brief with Sandi Uno di Gedung Sapta Pesona, Jakarta Pusat, Senin 5 September 2022, Menparekraf mengakui, jika pelaksanaan Festival Sandeq telah dipersentasikan sebelumnya di Kemenparekraf.

Tapi karena yang terpilih dari Sulawesi Barat adalah Manakkarra Festival maka itulah yang dihadiri. "Moga Festival Sandeq Sail to IKN terlaksana dengan sukses sampai di Kalimantan Timur yang dekat Ibu Kota Negara (IKN),"jelasnya.

Seperti diketahui, Manakarra Fair 2022 yang telah dilaksanakan menghadirkan berbagai kegiatan seperti event kebudayaan, fesyen, pameran produk UMKM, pertunjukan musik, e-sport, dan motor contest.

Manakarra Fair 2022 juga merupakan salah satu kegiatan yang masuk dalam 100 besar Kharisma Event Nusantara Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Sandeq Tiba di Pulau Salissingang

Sebanyak 35 peserta Festival Sandeq yang start dari Pulau Ambo, Selasa 6 September 2022, sekitar pukul 07.00 Wita kini menuju rute Pulau Salissingang, Kepulauan Balabalakang, Kabupaten Mamuju.

Dikutip dari sulbarexpress.fajar.co.id, Ketua Tim Lomba Festival Sandeq 2022, Muhammad Ridwan Alimuddin melaporkan, satu per satu sandeq ditarik oleh kapal pattonda. Yang sudah biasa ke sini atau tahu lokasi yang dituju duluan berangkat.

“Menarik, beberapa sandeq tidak ditarik, melainkan berlayar. Angin cukup oke mengarahkan sandeq ke Pulau Salissingang. Masyarakat pun berbondong-bondong ke pelabuhan untuk menyaksikan sandeq berlayar dari dekat,” ujar Ridwan.

Dalam pelayaran ke Pulau Salissingan, cuaca sangat baik. Ombak tidak sampai satu meter dan angin mendorong perahu dengan kencang. “Usai menempuh perjalanan lebih lima jam dan jarak 45 mil, kami tiba di Pulau Salissingang, sekira pukul 13.00 Wita. Ada delapan sandeq bertengger di pasir putih, mereka sangat cepat tiba di Salissingang,” katanya.

Warga juga antusias menyambut sandeq dan pelayarnya. Ada tenda khusus yang menyambut passandeq dengan hidangan makan siang.(*)

  • Bagikan