Cahaya Mandar Asal Desa Pambusuang Tiba Pertama di Perairan Balikpapan

  • Bagikan

dok. Dua perahu sandeq asal Desa Pambusuang yakni Cahaya Mandar dan Cahaya Sulbar

KALTIM, PAREPOS.FAJAR.CO.ID-- Perahu sandeq Cahaya Mandar asal Desa Pambusuang, Kecamatan Balanipa, Kabupaten Polewali Mandar yang dinahkodai H Sahid menjadi peserta pertama yang tiba di wilayah Perairan Pulau Kalimantan Timur.

Setelah menempuh perjalanan dari etape ke etape selama sepekan, akhirnya peserta Festival Sandeq 2022 memasuki perairan Manggar, Balikpapan. Tepatnya sandar di Pantai Lamuru, Rabu 7 September 2022.
 
Panitia Festival Sandeq 2022, Ridwan Alimuddin menyampaikan, telah bertolak dari Pulau Salissingan, Selasa 6 September 2022, malam tadi. Dan pagi ini telah memasuki perairan Balikpapan. Rencana berlabuh di Pantai Lamuru untuk mempersiapkan prosesi penyambutan di Manggar.
 
Dikatakan, jarak dari Pulau Salissingan ke Manggar, Kaltim, sekira 70 mil. Normalnya itu ditempuh 10-12 jam. Tapi passandeq bisa tiba lebih cepat karena cuaca yang amat baik. Rencananya di Pantai Lamuru untuk menunggu semua passandeq dan mempersiapkan acara penyambutan. 
 
"Itu acaranya (penyambutan) nanti sore. Jadi kami masih ada waktu persiapan dan menunggu semua sandeq tiba," ujar Ridwan. Di Pantai Lamaru, Panitia lainnya, Farid Wajdi telah menyiapkan tim kesehatan menyambut peserta Festival Sandeq 2022. "Tim kesehatan sudah siap menyambut passandeq," ungkapnya.(*)

  • Bagikan