Even Nasional Salo Karajae Fest Kembali Digelar

  • Bagikan

PAREPARE, PAREPOS.FAJAR.CO.ID – Salo Karajae di Kota Parepare kembali digelar tahun 2022 ini. Itu setelah dua tahun vakum karena pandemi Covid-19.

Event nasional yang menggabungkan unsur wisata bahari dan budaya yang dinantikan oleh masyarakat ini, rencananya dilaksanakan 27 September hingga 1 Oktober 2022 mendatang.

Ini bertepatan Hari Pariwisata Sedunia. Penyelenggaraan festival tersebut akan digelar di Kawasan Tonrangeng Riverside pesisir Salo' Karajae, Kelurahan Sumpang Minangae, Kecamatan Bacukiki Barat.

Seperti yang diketahui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) awal tahun lalu menetapkan Kharisma Event Nusantara (KEN) Tahun 2022.

Tercatat 110 agenda wisata telah hadir di penetapan KEN 2022 itu. Salah satunya yakni Festival Salo Karajae Kota Parepare, Sulawesi Selatan. Festival Salo Karajae terpilih mewakili Provinsi Sulawesi Selatan pada penilaian Event Kharisma Nusantara 2022 yang dilaksanakan Februari lalu.

Festival Salo Karajae pada tahun 2020 lalu juga berhasil menembus 100 Wonderful Event Indonesia, event tahunan yang sudah masuk top event kalender nasional.

Wali Kota Parepare, Dr HM Taufan Pawe saat mengungkapkan rasa syukur karena capaian tersebut merupakan sebuah kebanggaan pemerintah dan masyarakat kota Parepare.

“Itu bukti penyelenggaraan kegiatan tahunan yang bernuansa kepariwisataan kita diperhitungkan secara nasional,” kata Taufan Pawe kala itu.

Di era kepemimpinan Wali Kota Taufan Pawe, festival Salo' Karajae menjadi salah satu strategi Pemerintah Kota (Pemkot) Parepare mempromosikan destinasi wisata. Pelaksanaannya melibatkan masyarakat pesisir dan pelaku ekonomi kreatif. (*)

Editor: PAREPOS
  • Bagikan