Festival Sandeq 2022, KH Ma’ruf Amin Siap Sambut Passandeq di Pantai Balikpapan Superblock

  • Bagikan

KALTIM, PAREPOS.FAJAR.CO.ID-- Wakil Presiden RI, KH Ma'ruf Amin telah menyatakan kesiapannya menyambut kedatangan para Passandeq di Pantai Balikpapan Superblock. Saat ini, sebanyak 34 perahu Sandeq yang mengikuti Festival Sandeq Sail to IKN, Rabu 7 Agustus 2022, telah berada di Pulau Salissingan.

Pj Gubernur Sulbar Akmal Malik menuturkan, berdasarkan informasi yang diperoleh dari tim panitia Festival Sandeq. Peserta kini sudah tiba di Pulau Salissingan. "Sebenarnya, ada 35 perahu sandeq beserta perahu pattonda (perahu pendamping) berangkat dari etape Tanjung Silopo sejak 31 Agustus. Namun saat transit dari Mamuju ke Pulau Ambo, para peserta menghadapi badai yang menyebabkan satu perahu tak melanjutkan lomba,"ujarnya, Selasa 6 September, sore tadi.

"Badai cukup besar sehingga satu perahu rusak parah sehingga harus balik ke Mamuju. Sedangkan 34 perahu sandeq dan pattonda lainnya lanjut ke Pulau Salissingan," tambah Akmal.

Rencananya, para passandeq beristirahat satu malam di Pulau Salissingan dan akan melanjutkan rute berlayar ke Pantai Manggar. Diperkirakan akan tiba saat siang, dan akan dilakukan acara penyambutan di Pantai Manggar.

Untuk itu, Akmal Malik melakukan peninjauan lokasi yang direncanakan menyambut Passandeq, baik di Pantai Manggar maupun lokasi untuk acara penyambutan 9 September di Pantai Balikpapan Superblock.

Acara di Pantai Manggar, Rabu 7 September, besok dilakukan seserahan oleh Pj Gubernur Sulbar bersama enam bupati se -Sulbar kepada Walikota Balikpapan dan Gubernur Kaltim.

Sementara pada acara 9 September seserahan dilakukan oleh lima perwakilan provinsi mewakili Pulau Jawa, Papua, Sulawesi, Kalimantan, dan Sumatera kepada Wakil Presiden RI K. H. Ma'ruf Amin.

"Kami sudah konfirmasi, Wakil presiden akan hadir, dan kami juga melaksanakan profesi pada tari karya seni budaya dan sekaligus juga penyerahan simbol dukungan kepada Presiden sebagai simbol 34 provinsi di Indonesia mendukung percepatan pembangunan IKN," ujar Akmal Malik.(*)

  • Bagikan