Keren, SPIDI Maccopa Jadi Sekolah Reference Google Pertama di Indonesia Timur

  • Bagikan

Ketua Dewan Pembina SPIDI Maros, Muzayyin Arif saat meresmikan Boutique Class di Kompleks SPIDI Maccopa, Kelurahan Bontoa, Kecamatan Mandai, Maros, Kamis 15 September 2022.

MAROS, PAREPOS.FAJAR.CO.ID - Sekolah Putri Darul Istiqamah (SPIDI) mendapatkan predikat internasional Google Reference School.

Penyerahan predikat itu diserahkan langsung kepala Google untuk asia pasifik di Kompleks SPIDI Maccopa, Kelurahan Bontoa, Kecamatan Mandai, Kabupaten Maros, Kamis, 15 September 2022.

Kata Ketua Dewan Pembina SPIDI Maros Muzayyin Arif mengatakan, jika predikat itu sendiri dilekatkan pada SPIDI Maros, lantaran sekolah putri ini telah menerapkan sistem pembelajaran berbasis digital berstandar google.

Dengan begitu, SPIDI Maros sendiri menjadi sekolah ketiga di Indonesia yang saat ini menyandang predikat Google Reference School, dan pertama di Provinsi Sulawesi Selatan di luar Pulau Jawa.

"Ini patut kita syukuri karena ini sekolah yang ketiga di indonesia mendapatkan itu dan pertama kali di Indonesia Timur, pertama di luar pulau Jawa,” ujarnya.

Muzayyin Arif juga menjelaskan, jika selama ini penerapan teknologi IT dalam sistem pembelajaran digital di sekolah putri ini telah lama berjalan. Olehnya itu, para peserta didik tidak mengalami kesulitan saat dihadapkan pada pembelajaran virtual saat pandemi Covid-19 melanda.

“Kemarin waktu kita megalami pandemi-Covid-19, sistem itu luar biasa manfaatnya. ketika sekolah lain baru belajar menerapkan teknologi IT menjalankan pembelajarannya,“ ucapnya.

Ia mengklaim SPIDI sudah sangat mahir, sehingga tidak ada hambatan pada saat pembelajaran virtual kemarin.

Adanya kemajuan sistem pendidikan yang diterapkan pada sekolah ini, sehingga pihaknya mengajak kepada seluruh praktisi pendidikan khususnya di Sulawesi Selatan, baik pemerintah dan kepala sekolah dan pimpinan lembaga untuk mendorong pencapaian yang terjadi di tempat ini bisa diterapkan oleh sekolah lainnya.

Selain menyandang predikat Google Reference School, Muzayyin Arif juga menjelaskan, jika sejauh ini SPIDI Maros juga telah mengembangkan inovasi pendidikan, berupa Boutic Class sebanyak 12 unit, yang nantinya diharapkan para peserta didik dapat lebih aktif dan fleksibel dalam menerima materi pembelajaran.

“Infrastruktur pendidikan yang kita istilahkan Boutic Class, kalau selama ini di sini sekolah pada umumnya dan kita juga di sini dulunya pakai sistem kelas yang paten. Sekarang ini berbentuk rumah-rumah kayu, satu rumah itu punya tema pendidikan, ada 12 unit bangunan yang semuanya nanti punya tema pendidikan, ada rumah bahasa, ada rumah multimedia, ada sains, sehingga nanti peserta didik bisa aktif dan fleksibel mengikuti pembelajaran di sini,” tuturnya.

Sementara itu, untuk sarana pendukung pendidikan, SPIDI Maros telah menetapkan kawasan Sunnah Sport Center berupa sarana olah raga memanah dan berkuda hingga kolam renang. Yang bisa memberikan pembelajaran tambahan pada peserta didik di sekolah ini.

“Syukur-syukur nanti bisa keluar atlet-atlet yang berprestasi, karena ketiga-tiganya ini kan olah raga prestasi semua. Di samping itu, kita juga mnemperkenalkan pengembangan ecotourism, kalau kita ke sebelah kanan ada danau, di sepanjang danau itu ada jogging track, yang dimana nanti siswa, orang tua, dan pengunjung bisa menikmati suasana di situ dengan berkeliling danau. Ini semua kita buat untuk memajukan dunia pendidikan kita,” jelasnya. (guh)

  • Bagikan