Launching Pojok Statistik UN Sulbar, Andi Syukri: BPS Memiliki Peran Penting

  • Bagikan

Bupati Majene Andi Achmad Syukri, Deputi Statistik Distribusi dan Jasa BPS, Rektor Unsulbar dan Kepala BPS Provinsi Sulbar menggunting pita sebagai tanda dilaunching Pojok Statistik UN Sulbar.

MAJENE, PAREPOS.FAJAR.CO.ID -- Pojok Statistik merupakan layanan kolaborasi antara Badan Pusat Statistik (BPS) dan Perguruan Tinggi.

Selain itu, juga salah satu bentuk kepedulian BPS dalam penyebarluasan ragam dan manfaat produk statistik yang dihasilkan BPS di lingkungan Perguruan Tinggi tersebut.

"Melalui Pojok Statistik, diharapkan literasi dan pemanfaatan statistik di lingkungan Perguruan Tinggi bisa lebih meningkat," tutur Bupati Majene Andi Achmad Syukri saat peresmian Pojok Statistik bersama Deputi Statistik Distribusi dan Jasa BPS, Rektor Unsulbar dan Kepala BPS Provinsi Sulbar di Kampus Unsulbar, kemarin.

Bupati Majene Andi Achmad Syukri menyambut baik pojok statistik di Unsulbar, mengingat kebutuhan statistik semakin tinggi di mana setiap kebijakan yang diambil akan lebih terukur dengan tepat dan terarah jika berdasarkan data yang ada.

"BPS dinilai sebagai pembina statistik di Indonesia, yang memiliki peran sangat penting dalam meningkatkan literasi statistik di masyarakat, sehingga diharapakan pojok statistik akan membantu memahami menggunakan statistik serta bermanfaat bagi mahasiswa," harapnya.

Sementara Kepala BPS Sulbar Tina Wahyu Fitri menjelaskan, pojok statistik berfungsi sebagai media layanan dan promosi statistik dalam lingkup pendidikan khususnya perguruan tinggi. "Ini juga bentuk kolaborasi BPS Sulbar dan Unsulbar," singkatnya.

Rektor Unsulbar Aksan Jalaluddin juga menjelaskan, terdapat 27 Fakultas di Unsulbar yang dinilai market table, salah satunya supaya mahasiswa tidak kesulitan mencari kerja.

"Kehadiran pojok statistik dari BPS juga akan mendukung jurusan informatika yang dinilai tranding di Sulbar atau paling tinggi peminatnya. Termasuk teknik sipil dan ekonomi dan Manajemen, semoga para civitas akademik Unsulbar bisa menggunakan fasilitas ini, khususnya dalam mengolah data statistik untuk penelitian," harapnya.

Dalam peresmian ditandai dengan pengguntingan pita yang disaksikan para undangan lainnya. (edy)

  • Bagikan