Lepas Jenazah Istri Pangerang Rahim, Wali Kota Parepare Sebut Djuleha Muis Sosok Ibu Panutan

  • Bagikan

PAREPARE, PAREPOS.FAJAR.CO.ID-- Suasana pelepasan jenazah almarhumah Hj Djuleha Muis, istri Wakil Wali Kota (Wawali) Parepare, H Pangerang Rahim diwarnai haru, dan duka. Pelepasan jenazah dipimpin Wali Kota Parepare, Dr HM Taufan Pawe di Rujab Wakil Wali Kota Parepare Jumat, 16 September 2022.

Pelepasan jenazah itu dihadiri ratusan orang. Sejumlah pejabat hadir memberi penghormatan terakhir untuk jenazah almarhumah Hj Djuleha Muis.

Terlihat hadir Ketua DPRD Sulawesi Selatan (Sulsel) Andi Ina Kartika Sari, Wakil Ketua DPRD Kota Parepare, H Tasming Hamid, Sekretaris Daerah Kota Parepare, Iwan Asaad, Komandan Batalyon B Pelopor Satbrimob Polda Sulsel Kompol Ramli, Ketua Tim Penggerak PKK Kota Parepare, Hj Erna Rasyid Taufan, para Asisten, Staf Ahli, Kepala SKPD, Camat dan Lurah serta sejumlah ASN lingkup Pemkot Parepare.

Tak hanya itu, turut hadir menyampaikan belasungkawa dari kalangan tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan ratusan warga Kota Parepare. Almarhumah Djuleha Muis dimakamkan di pemakaman keluarga di Jalan Taebe Soreang, Kota Parepare usai ba'da Ashar, Jumat 16 September 2022. Almarhumah Djuleha Muis di salatkan di Masjid Al-Manar.

Kepergian almarhumah meninggalkan delapan orang anak, dan 16 orang cucu. Bahtera rumah tangga mereka bisa menjadi contoh bagi generasi selanjutnya.

Taufan Pawe menyatakan duka cita mendalam atas berpulangnya Hj Djuleha. Ia pun mengatakan, masyarakat Kota Parepare kehilangan sosok ibu yang menjadi panutan. Bahkan Wali Kota Parepare dua periode itu mengibaratkan, sosok Djuleha Muis seperti Hasri Ainun, istri BJ Habibie.

"Kalau di Indonesia kita mengenal Hasri Ainun sebagai sosok istri panutan, di Kota Parepare ada ibunda kita Djuleha Muis. Kita mendapatakan suri tauladan rumah tangga karena almahrumah telah melewati perkawinan emas selama 51 tahun," kata Taufan Pawe.

Taufan Pawe pun mengungkapkan, almarhumah banyak memberikan suri tauladan terutama bagaimana menjadi istri dan ibu yang baik. Selain menjadi sosok sederhana, almarhumah Djuleha Muis dikenal sebagai perempuan cerdas.

"Saya sebagai wali kota sangat merasakan seperti apa andil dari almarhumah sebagai istri dari wakil wali kota. Sosok ibu istri yang cerdas dan bertanggung jawab. Selalu berpikir rasional serta memiliki karakter yang kuat," ungkapnya.

Tak hanya itu, Taufan Pawe juga menyebutkan, tampilan almarhumah sangat sejuk semasa hidupnya, dan tidak sedikit suri teladan yang bisa diambil.

"Saya bangga dengan kehidupan bahtera rumah tangga Wakil Wali Kota Parepare, H Pangerang Rahim bersama istrinya (almarhumah Djuleha Muis), " jelasnya. Ia pun menyampaikan secara iklas melepas almarhumah yang merupakan sosok istri yang bersahaja.

Taufan Pawe menambahkan, sebagai perwalikan keluarga dan Pemerintah Kota (Pemkot) Parepare, dirinya meminta masyarakat mendoakan mendiang Djuleha Muis agar mendapakatkan tempat terbaik disisi Allah SWT.

"Izinkan Saya sebagai keluarga dan pemerintah kota, mohon kiranya kita semua berdoa dalam melepas almarhumah. Selamat jalan, terima kasih kepada almarhumah, kami semua mendoakan mendapat tempat yang terbaik di sisi Allah Subahana Wataala," pungkasnya. (has)

Editor: PAREPOS
  • Bagikan