Program Pamsimas Mulai Berjalan di Majene

  • Bagikan

Wakil Bupati Majene Arismunandar foto bersama setelah penandatanganan PKS di Ruang Rapat Wakil Bupati Majene.

MAJENE, PAREPOS.FAJAR.CO.ID -- Satuan Kerja (Satker) Pelaksana Permukiman Wilayah Provinsi Sulbar bersama Kelompok Keswadayaan Masyarakat (KKM) selaku perwakilan desa penerima Program Pamsimas melakukan Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS).

Kegiatan PKS itu, disaksikan Wakil Bupati Majene Arismunandar didampingi para Camat dan Kades serta pihak Satker Wilayah Provinsi Sulawesi KKM di Ruang Rapat Wakil Bupati Majene, kemarin.

"Setelah penandatanganan PKS ini, tentu pembangunan program Pamsimas sudah dapat dimulai dan dilaksanakan KKM," jelas Wabup Arismunandar.

Ia mengatakan, peningkatan infrastruktur permukiman kumuh menjadi salah satu prioritas utama pemerintah untuk penataan kawasan perkotaan. "Ini merupakan wujud komitmen pemerintah daerah untuk menyediakan permukiman yang layak huni dan berkelanjutan bagi masyarakat perkotaan di Majene," ujarnya.

Diungkapkan, upaya percepatan penanganan kumuh perkotaan di Majene akan dilakukan melalui peningkatan kualitas, pengelolaan serta pencegahan timbulnya permukiman kumuh baru dengan kegiatan skala lingkungan sampai pada skala kawasan yang meliputi pembangunan infrastruktur pendampingan sosial dan ekonomi untuk keberlanjutan penghidupan masyarakat yang lebih baik di lokasi pemukiman kumuh tersebut.

Melalui PKS, lanjutnya, untuk lebih meningkatkan akses terhadap infrastruktur dan pelayanan dasar di permukiman kumuh perkotaan, serta mendukung perwujudan permukiman perkotaan yang layak huni, produktif dan berkelanjutan.

"Selain itu, tujuan dari program ini, untuk memperbaiki akses masyarakat terhadap infrastruktur dan fasilitas pelayanan di permukiman kumuh perkotaan. Sekaligus meningkatkan kesejahteraan masyarakat di perkotaan melalui pencegahan dan peningkatan kualitas permukiman kumuh berbasis masyarakat dan partisipasi pemerintah pusat dan daerah," tuturnya.

Wabup Arismunandar juga mengucap terima kasih kepada Direktur Pengembangan Kawasan Permukiman Direktorat Jenderal Cipta Karya, Kementerian PUPR bersama Balai Prasarana Permukiman Wilayah Sulbar atas segala perhatian yang diberikan ke Kabupaten Majene.

"Program ini sangat bermanfaat dan membantu dalam penanganan serta pencegahan permukiman kumuh perkotaan di Majene," ucapnya. (edy)

  • Bagikan