Sambut Harhubnas, KSOP Parepare Gandeng Stakeholder untuk Aksi Bersih Laut dan Pantai

  • Bagikan

Pertemuan bersama mitra dan Pelindo terkait rencana aksi bersih laut dan pantai yang diinisiasi KSOP Parepare dalam menyambut Hari Perhubungan Nasional Tahun 2022

PAREPARE, PAREPOS.FAJAR.CO.ID-- Dalam memperingati Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) Tahun 2022 yang jatuh tiap tanggal 17 September dengan mengangkat tema 'Bangkit Maju Bersama'. Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas III Parepare bersama instansi terkait akan melaksanakan aksi bersih laut dan pantai, pada Jumat 16 September 2022.

Hal itu disampaikan, Kepala KSOP Kelas III Parepare, Shaiful Horry SH MH usai melaksanakan pertemuan dengan sejumlah instansi dan mitra kerja dikantornya. "Terkait memperingati Harhubnas Tahun 2022, KSOP bersama dinas instansi terkait dan sejumlah stakeholder akan melaksanakan aksi bersih-bersih laut dan pantai. Namun, sudah ada beberapa rangkaian kegiatan yang telah dilaksanakan, diantaranya turnamen olahraga dan penyuluhan keselamatan pelayaran,"ujar Shaiful, Rabu 14 September 2022.

Terkait aksi bersih-bersih laut dan pantai, kata Shaiful, akan melibatkan sekitar 400 orang peserta. Untuk lokasi yang disepakati dalam aksi tersebut yakni sekitar Pelabuhan Cappa Ujung dan Pelabuhan Nusantara. " Yang terlibat itu para stakeholder dan mitra serta mendapat support dan dukungan dari pemerintah dalam hal ini Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Parepare,"jelasnya.

Aksi ini juga dalam upaya meningkatkan silaturahmi dan kerjasama lintas sektor dalam pengelolaan sampah. " Kita berharap dengan aksi ini dapat lebih menanamkan rasa tanggung jawab terhadap kebersihan sekitar yang pada akhirnya dapat meningkatkan produktivitas kerja, kenyamanan serta tentunya mewujudkan lingkungan yang sehat,"jelasnya.

Shaiful menambahkan, kegiatan Harhubnas nantinya akan ditutup dengan menggelar upacara pada hari senin di depan kantor KSOP Parepare. Terpisah, GM Pelindo Parepare, Sardi ST MM mendukung penuh kegiatan aksi bersih laut dan pantai dalam rangkaian Harhubnas yang diinisiasi KSOP Parepare. Dan merupakan salah satu langkah nyata dalam upaya perlindungan lingkungan maritim agar bersih dari sampah khususnya di perairan dan pesisir Kota Parepare.

Berbagai kegiatan yang telah dilaksanakan dalam memperingari Harhubnas, lanjut Sardi, tentunya bertujuan untuk memupuk kebersamaan dan memperkuat solidaritas antar instansi perhubungan yakni matra darat, laut dan udara.(*)

  • Bagikan