Semen Tonasa-Unhas Jalin Kerja Sama, Jadi Pusat Riset dan Teknologi Aplikatif

  • Bagikan

PANGKEP, PAREPOS.FAJAR.CO.ID -- Menghadapi tantangan industri yang semakin kompleks, PT Semen Tonasa terus perkuat kolaborasi dengan berbagai pihak serta stakeholder terkait.

Kali ini, kerja sama dilakukan perusahaan persemenan terbesar di Indonesia Timur ini dengan Universitas Hasanuddin (Unhas), yang berlangsung di ruang rapat Lantai 6 Kantor Pusat PT Semen Tonasa, Rabu, 14 September 2022.

Dalam kerja sama ini dilakukan penandatanganan pelaksanaan naskah kesepahaman antara PT Semen Tonasa yang diwakili Mufti Arimurti selaku Direktur Utama dan Prof Jamaluddin Jompa sebagai Rektor Universitas Hasanuddin.

Hadir pula pada kegiatan ini Komisaris PT Semen Tonasa Husain Abdullah, Direktur Operasi Winardi, serta Jajaran Band 1 Semen Tonasa dan beberapa Kepala Bidang civitas akademika Universitas Hasanuddin.

Kerja sama antara PT Semen Tonasa dan Universitas Hasanuddin ini, merupakan tindak lanjut atas naskah kesepahaman yang telah ditandatangani pada tahun 2020 sebelumnya. Dalam pelaksanaan naskah kesepahaman kali ini, telah didetailkan beberapa bidang yang memiliki potensi besar untuk dikolaborasikan.

Direktur Utama PT Semen Tonasa Mufti Arimurti mengatakan, industri membutuhkan kontribusi banyak pihak untuk membangun bangsa.

"Dengan kolaborasi dan kerja sama ini, diharapkan mampu menjawab serta mengakselerasi berbagai inovasi dalam hal energi dan emisi, new product cement and concrete, serta Environmental Social Government atau ESG di PT Semen Tonasa," ujarnya.

Sementara itu, Rektor Unhas Jamaluddin Jompa menyampaikan, PT Semen Tonasa merupakan perusahaan Industri terbesar di Kawasan Indonesia Timur.

Kerja sama ini, kata dia, merupakan bentuk kolaborasi antara 2 raksasa industri dan institusi di Indonesia Timur yang sangat strategis.

"Kami bercita-cita, kolaborasi ini dapat menghasilkan semacam Cooperative Research Center. Di mana nantinya, ini dapat menjadi pusat riset dan teknologi aplikatif antara akademisi dan industri. Sehingga diharapkan dapat menghasilkan output yang memiliki value lebih bagi masyarakat dan negara," ucapnya.

Senada dengan hal itu, Komisaris PT Semen Tonasa, Husain Abdullah mendorong agar setelah penandatanganan pelaksanaan naskah kesepahaman ini dapat segera diwujudkan berbagai program nyata yang dapat memberikan benefit serta value bagi kedua belah pihak.

"Saya berharap setelah ini dapat segera dijalankan project-project riil. Utamanya terkait energi terbarukan, riset produk ramah lingkungan, serta pemanfaatan aset nonproduktif perusahaan menjadi aset produktif penunjang pendidikan," harapnya.

Di tempat yang sama, General Manager Komunikasi dan Hukum PT Semen Tonasa Andi Muhammad Said Chalik menambahkan, Unhas merupakan salah satu mitra strategis PT Semen Tonasa sejak lama.

"Tidak bisa dipungkiri, Unhas sudah sejak lama menjadi salah satu mitra strategis kami, baik langsung maupun tidak langsung. Di mana telah banyak alumni Unhas yang mendedikasikan karya dan ilmunya di PT Semen Tonasa, bahkan hingga mengisi posisi strategis dalam struktur manajerial perseroan," ujarnya. (min)

  • Bagikan