Tito Dukung Penuh Festival Sandeq 2022, Lepas 35 Perahu Bercadik Layar Suku Mandar

  • Bagikan

, Mendagri Tito Karnavian, Pj Gubernur Sulbar Akmal Malik, dan Bupati Majene Andi Achmad Syukri serta pejabat lainnya saat menyaksikan pelepasan perahu Sandeq Rice 2022.

MAJENE, PAREPOS.FAJAR.CO.ID -- Bupati Majene Andi Achmad Syukri menghadiri penyambutan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) RI Tito Karnavian di Bandara Tampa Padang Mamuju Sulawesi Barat, Sabtu, 3 September 2022.

Kedatangan Mendagri ini, disambut Pj Gubernur Sulbar Akmal Malik didampingi para Bupati, Forkopimda, Pimpinan OPD serta pejabat lainnya se-Sulbar.

Tito berkunjung ke Sulbar sebagai bentuk dukungan penuh atas pelaksanaan Festival Sandeq 2022, sekaligus melepas 35 perahu bercadik layar suku Mandar yang akan mengarungi Selat Makassar dari Mamuju ke Balikpapan dan Penajam Paser Utara, Ibu Kota Nusantara (IKN).

Sebelum melepas peserta Festival Sandeq, Tito juga mengikuti acara seremonial di Panggung Penyambutan Sandeg serta berkesempatan memberikan penghargaan kepada para Passandeq yang berhasil finish untuk etape IV Deking-Mamuju.

"Saya sangat bangga dengan keberadaan perahu Sandeq Mandar serta sejumlah sejarah yang menjadi inspirasi Indonesia," ucapnya.

Mantan Kapolri itu menuturkan, dengan inspirasi Sandeq yang tertanam di masyarakat Sulbar, telah menggambarkan ketangguhan dalam menghadapi Covid-19 dua tahun terakhir, ditambah gempa bumi 2021 lalu.

"Begitu juga persoalan lain, seperti kenaikan harga dan inflasi, inilah gelombang baru, tapi saya yakin dengan jiwa petarung seperti Passandeq dapat dilalui dan badai pasti berlalu," tandasnya.

Dalam seremonial penyambutan Passandeq, juga dilaksanakan pelepasan lampion yang melibatkan 1.500 orang siswa siswi.

Sementara Bupati Majene Andi Achmad Syukri yang turut menyaksikan pelepasan perahu Sandeq tersebut, cukup terharu atas kekompakan dan kerja sama semua pihak. Sehingga lanjutnya, semua peserta dapat berlayar dengan baik sesuai rute yang telah ditentukan. Serta tak kalah pentingnya adalah keselamatan dalam berlayar di laut lepas. (edy)

  • Bagikan