Toko Buku Interaksi Parepare Aktifkan Literasi

  • Bagikan

PAREPARE, PAREPOS.FAJAR.CO.ID -- Hari jadi Toko Buku Interaksi yang ke satu tahun jatuh pada 17 September 2022, dalam memeriahkannya pihak pengelola menggelar sederet rangkaian acara.

Perayaan sederhana itu digelar di Toko Buku Interaksi yang berada di Jalan Andi Mangkau Kota Parepare dari tanggal 16-18 September kemarin.

Pengelola Toko Buku Interaksi Azwar Radhif mengatakan, meski terbilang muda dalam berkiprah sebagai salah satu pusat penjualan buku. Namum, Toko Buku Interaksi selalu berupaya untuk memberikan hal positif bagai masyarakat selain dari fokusnya dibidang penjualan buku.

"Dibeberapa kesempatan kami selalu melakukan hal yang kiranya dapat bernilai manfaat bagi masyarakat Parepare, seperti menggelar lapak baca dibeberapa titik keramaiaan sekitar Kota Parepare dan diskusi perihal buku dan puisi." Katanya saat ditemui, Kamis 22 September 2022.

Kemudian, sambung Azwar sapaan karibnya menyambut usia Toko Buku Interaksi ke satu tahun ini pihaknya meluncurkan tema 'Meruang' dengan maksud untuk terus menghidupkan interaksi dan berkolaborasi bersama pegiat literasi demi hasil yang menuai manfaat untuk masyarakat.

"Perayaan ini juga sebagai refleksi bagi interaksi agar kedepannya lebih aktif dalam menghasilkan ruang-ruang kolaboratif serta inovatif terkait kebutuhan yang diinginkan masyarakat." Ujarnya.

Pada perayaan yang sukses digelar selama tiga hari itu berkolaborasi dengan Sampan Institut, Badik Pustaka, Teras Baca Fany, Qalam dan Cabaca Parepare.

Juga diisi dengan serangkaiaan kegiatan seperti Diskusi buku tentang 'Ada Serigala Betina Dalam Diri Setiap Perempuan', nonton film 'Kanan Merah Kiri Hijau' yang bercerita tentang perjuangan sosok Munir semasa hidupnya, Baca Puisi bersama, dan diakhir makan bersama.

Salah satu mahasiswa dari IAIN Parepare Hasnur yang hadir dan mengikuti seluruh rangkaian acara mengungkapkan, dalam perayaan Toko Buku Interkasi ini baginya cukup bekesan dan produktif dengan tatanan acara menarik yang digelar selama tiga hari itu.

Menurutnya, meski perayaannya sederhana namun  telah berhasil menitipkan pesan dan kesan tersendiri bagi orang-orang yang hadir.

"Seperti saat kegiatan pembacaan puisi yang menjadi moment pertama kali bagi saya untuk tampil membacakan puisi didepan umum." Ujarnya.

Ia menambahkan, Interaksi Book Store ini sangat cocok untuk para pecinta buku di kota yang baginya masih minim ruang literasi.

"Datang diinteraksi dan mari diskusi perihal hati maupun puisi." Tutupnya. (*)

  • Bagikan