Acara Mappalili, Suardi Saleh Minta Petani Tingkatkan Produksi

  • Bagikan

BARRU, PAREPOS.FAJAR.CO.ID -- Acara Mappalili (Turun Sawah) musim tanam 2022/2023 dan musim tanam 2023 di Desa Cilellang, Senin 10 Oktober 2022

Mappalili atau palili adalah upacara adat yang diadakan setiap satu kali setahun. Ketika telah memasuki musim tanam padi, Mappalili menjadi acara ritual adat yang masih dipertahankan hingga saat ini. Acara ritual adat ini menjadi daya tarik tersendiri oleh masyarakat di dalam dan di luar daerah Barru.

Sambutan Bupati Barru Ir. H. Suardi Saleh, M.Si Mengapresiasi kegiatan mappalili tingkat desa yang berada di kecamatan mallusetasi.
"Penghormatan kami kepada seluruh warga dan tokoh masyarakat desa Cilellang karena hadir di sini dalam rangka ceremonial rembut bersama pemangku adat, kita berharap kuantitas panen sawah bisa bertambah di karenakan saat sekarang ini lahan sawah tidak akan bertambah, cetak sawah sekarang susah, makanya kita akali dengan pupuk berimbang dan optimalisasi pengairan". Ungkap etta aji sapaan akrabnya.

Melanjutkan sambutan bahwa mappalili merupakan hasil rembut bersama di pemangku adat setempat.
" Kita dalam kesepakatan kita ambil dua pendapat yaitu pendapat secara tradisional dan pendapat teknologi, kita padukan dengan baik sehingga semua hasilnya optimal" ungkapnya.

Turut Hadir Anggota DPR RI Komisi IX Drg. Hj. Hasnah Syam Mars, Kadis Pertanian dan Ketapang, Kepala OPD, Asisten dan Staf Ahli, Kepala KUA, Kepala Desa, Penyulu pertanian, Kelompok Tani. (Hms/mad)

  • Bagikan