Education Expo 2022 di SMAN 1 Parepare

  • Bagikan

PAREPARE, PAREPOS.FAJAR.CO.ID -- SMA Golden Gate atau Golden Gate School Makassar menggelar Education Expo 2022 di UPT SMA Negeri 1 Kota Parepare, Sabtu (1/10/22).

Kegiatan ini atas kerjasama dengan Komunitas Biara di Kota Parepare dan UPT SMA Negeri 1 Kota Parepare.

Beberapa kegiatan yang dilaksanakan pada Education Expo 2022 ini antara lain pameran pendidikan dalam dan luar negeri, lomba matematika, dan kompetisi menulis bahasa Inggris, serta sharing info dan presentasi terkait beasiswa ke luar negeri.

Kepala Sekolah SMA Golden Gate atau Golden Gate School, Yusran Bakri menjelaskan, kegiatan ini adalah Gebyar Pendidikan Dalam dan Luar Negeri yang dibarengi lomba matematika tingkat SMP dan lomba menulis bahasa Inggris tingkat SMA.

"Untuk lomba matematika tingkat SMP ada 15 tim yang ikut. Masing-masing tim terdiri dari tiga orang. Jadi jumlahnya 45 peserta. Sementara lomba writing pesertanya delapan orang pelajar SMA," jelasnya.

Yusran mengungkapkan, dalam kegiatan ini, banyak masyarakat Parepare yang ingin mengetahui tentang pendidikan di luar negeri.

"Tadi banyak masyarakat Parepare yang bertanya langsung, dan ada juga yang ingin menyekolahkan anaknya bersekolah di luar negeri, tapi biaya sendiri," ujarnya.

Yusran juga menjelaskan terkait beasiswa, itu disiapkan pemerintah. Beasiswa tersebut memang harus bersaing dengan seluruh Indonesia. Sebab, beasiswa tersebut memang bergengsi karena diperuntukkan bagi mereka yang berprestasi.

"Jadi, mereka bersaing se-Indonesia bukan hanya di Parepare. Selain beasiswa untuk SMA ke S1, juga ada beasiswa untuk pendidikan S1 ke S2, dan S2 ke S3,"

Golden Gate School memfasilitasi pelajar SMA untuk mendapat beasiswa berkuliah di luar negeri. Salah satu keuntungan yang didapatkan dalam kegiatan ini adalah mencari para pelajar SMP untuk bersekolah di SMA Golden Gate School sebagai jembatan untuk mendapat beasiswa kuliah di luar negeri.

"Kami mengadakan lomba matematika tujuan kami untuk mencari pelajar untuk yang mau belajar di SMA Golden Gate ke depannya, sekaligus mempromosikan sekolah kami," ujarnya.

"Sedangkan soal beasiswa, itu kami hanya membantu mereka dan keuntungan yang didapatkan, itu apabila mereka kursus bahasa Inggris di tempat kami, maupun ujian Internasional," sambung Yusran.

Wakil Kepala UPT SMA Negeri 1 Kota Parepare, Rudiansyah mengapresiasi education expo of Smansa Parepare yang digagas oleh pihak Golden Gate.

Meski begitu, beberapa hal dalam pelaksanaannya perlu dievaluasi. Namun, hal tersebut dinilainya wajar mengingat kegiatan ini merupakan yang pertama kali dilakukan di Kota Parepare.

"Meskipun demikian, besar harapan kami semoga kegiatan education expo of Smansa Parepare yang berlangsung 1 Oktober 2022 bukan menjadi yang terakhir," harapnya.

Rudiansyah juga menyambut baik, gagasan Sister School dalam upaya pendampingan peserta didik secara intens dalam mendapatkan golden opportunty beasiswa melalui mediasi Golden Gate.

"Mewakili manajemen UPT SMA Negeri 1 Parepare, kami ucapkan terimakasih telah memilih SMA Negeri 1 Parepare sebagai mitra dalam menjembatani kelanjutan pendidikan peserta didik baik ke perguruan tinggi ternama dalam negeri dan utamanya perguruan tinggi luar negeri dengan fasilitas beasiswa," tandasnya.

Sebagai informasi, Golden Gate School beralamat di Jalan Lamadukelleng Nomor 58-60, Kota Makassar. (Nan)

  • Bagikan