Lepas Kafilah MTQN Sulbar, Akmal Malik Siapkan Hadiah Bagi Peraih Medali Emas

  • Bagikan

MAMUJU, PAREPOS.FAJAR.CO.ID -- Sebanyak 50 Kafilah Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) Sulbar siap mengikuti MTQ Nasional ke- XXIX di Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Acara pelepasan dilaksanakan di Kantor Gubernur Sulbar (Eks Rujab Wagub Sulbar), oleh PJ Gubernur Sulbar Akmal Malik, Sabtu 8 Oktober 2022.

Pj. Gubernur Sulbar Akmal Malik berharap, dengan peringkat Sulbar saat ini cukup memprihatinkan, karenanya Ia berharap kedepan pengurus MTQ dan LPTQ lebih kompak dalam menata MTQ di Sulbar.

"Kuncinya silaturahmi harus diperkuat. Artinya Bangun komunikasi dengan pihak yang eksis di bidang MTQ," ungkapnya.

Hal lain yang perlu menjadi perhatian adalah menghargai prestasi bagi peserta MTQ guna memotivasi peserta untuk terus berlatih. Akmal mengaku dengan reward yang disiapkan Pemprov saat ini kurang memacu semangat kafilah.

Untuk itu, pada Pelepasan MTQ Nasional Sulbar, Akmal Malik menyiapkan hadiah Rp50 juta bagi peraih medali emas.

"Saya minta besok, tolong tingkatkan, biar semangat untuk berlomba. Saya Ingin Penghafal Alquran Ini dihargai. Setelah ini (MTQ XXIX) kita akan tingkatkan MTQ, ndak ada pilihan. Masa iya peringkat terakhir terus. Karena itu saya kasi Rp50 Juta. Satu emas Rp50 Juta, Perak Rp25 Juta, itu dari saya," ungkapnya.

Masukan dari Akmal Malik itu merupakan bagian dari pengalaman Akmal saat membina MTQ di Sumatera Barat selama lima tahun. Selama lima tahun ia berhasil mengangkat prestasi Sumatera Barat dari urutan ke 27 menjadi empat besar pada 2010.

Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur'an (LPTQ) Sulbar Muhammad Idris, menyampaikan persiapan MTQ Nasional dilakukan dengan mengikuti proses seleksi mulai dari tingkat kabupaten hingga provinsi.

Selain itu, nantinya akan melakukan training center tujuannya selain menambah kualifikasi juga menambah kompetensi yang dimiliki oleh para anggota kafilah.

"Kita berharap untuk kita harumkan Sulbar di level nasional MTQ, STQ, kita belum bisa memberikan sesuatu yang terbaik selama Sulbar. Sehingga diharapkan Sulbar (peserta MTQ Nasional) tidak pulang dengan tangan kosong," ujar Idris.

Kabiro Tata Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Saleh Rahim mengatakan, terdapat 27 kafilah putra dan 23 kafilah putri berasal dari enam kabupaten. Mereka juara- juara MTQ provinsi yang sebelumnya digelar di Majene

"Besok mulai berangkat, diharapkan pelepasan hari ini dapat melahirkan juara dan membawa nama harum Sulbar di tingkat nasional," ungkapnya. (*)

  • Bagikan