Satu Data UMKM, Parepare Penuhi Target Nasioanal

  • Bagikan

PAREPARE, PAREPOS.FAJAR.CO.ID -- Pendataan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kota Parepare telah penuhi i target nasional. Awalnya Kota Parepare ditergetkan sebanyak 21.000 data UMKM. Namun, ada pengurangan secara nasional sebesar 31,1 persen atau 6.361 sehingga Parepare ditargetkan sebanyak 14.649 UMKM.

Target itu telah terpenuhi, bahkan melebihi dari target yang ditetapkan secara nasional. Di Kota Parepare, data UMKM yang tercatat pada Minggu, 30 Oktober 2022, telah mencapai 15.004 dari total data yang ditargetkan 14.649.

Satu data UMKM itu merupakan program Kementerian Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (KUKM) RI itu, tujuannya adalah untuk mendapatkan data yang valid melalui petugas pendata (Enumerator) pada setiap kelurahan. Ini juga untuk mendukung program Satu Data Indonesia.

Pokja Satu Data UMKM Kota Parepare, Andi Herry Baso Rachim mengatakan, pendataan UMKM Kota Parepare telah mencapai target sebalum batas waktu pendataan pada 30 November 2022.

"Satu data UMKM untuk Parepare telah mencapai target yang diberikan, bahkan melebihi dari target 14.649. Kita telah masukan data sebanyak 15.004 UMKM dan koperasi yang tersebar di 22 kelurahan se-Parepare," jelasnya, kemarin.

Menurutnya, relaisasi dan capaian target Satu Data UMKM itu, tidak terlepas dari semangan para tim pendataan (Enumerator) yang telah dibentuk.

"Enumerator sudah bekerja hampir enam bulan lamanya menyasar pelaku UMKM se- Parepare. Petugas pendataan itu berjumlah 42 orang," ungkapnya.

Dia menyebutkan, Parepare awalnya diberikan target 21 ribu untuk pendataan UMKM. Namun ada pengurangan secara nasional sekitar 31,1 persen, atau 6351. Sehingga turun menjadi 14.649, tapi data yang direlisasikan melebihi dari itu, yakni 15.004.

Dia pun menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada tim enumerator, termasuk kepada para pelaku UMKM se-Parepare yang telah berkolaborasi dan bekerjasama untuk pelaksanaan program Satu Data UMKM ini.

"Untuk tim enumerator kami ini ada 42 orang, namun yang aktif ada 37 enumerator, mereka telah berusaha memberikan hasil yang meksimal. Walaupun kita sudah mencapai target. Tetapi enumerator kami tetap turun hingga akhir November," tandasnya. (has)

Editor: PAREPOS
  • Bagikan